PERAN STRATEGIS RELAWAN PAJAK DALAM MENDUKUNG PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA JAKARTA TAMANSARI

Main Article Content

Felita Delfina
Djeni Indrajati Widjaja

Abstract

The Tax Volunteer activity is an initiative of the Directorate General of Taxes (DGT) which aims to assist taxpayers, especially individual taxpayers (WPOP), in fulfilling their obligation to report Annual Tax Returns (SPT). The Tax Volunteer Program, initiated by the Directorate General of Taxes (DJP) in collaboration with the Pratama Tax Office (KPP) Jakarta Taman Sari and the Tax Center of Tarumanagara University, aims to enhance compliance among individual taxpayers (WPOP) in filing Annual Tax Returns (SPT). Running from January to March 2024, this program focuses on technical assistance for SPT filing, aligning the National ID (NIK) with the Tax Identification Number (NPWP), and recovering the EFIN. Addressing the issue of low compliance, it provides education and direct guidance. According to DJP data, SPT compliance increased by 7.15% in 2024, reaching 73.61% or 14.19 million filings, with a target of 83.2% by year-end. This program not only improves tax service efficiency but also helps reduce the workload of tax officers during the peak of SPT filing. Tax volunteers play a significant role in educating the public about tax obligations while enhancing their understanding of simpler and more efficient tax-reporting technologies. Overall, the program supports increased tax compliance and contributes to national tax revenue, with recommendations for regular evaluation and expanded promotion of tax-reporting technologies to achieve broader impacts.


Kegiatan Relawan Pajak merupakan inisiatif dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang bertujuan untuk membantu para wajib pajak, khususnya wajib pajak orang pribadi (WPOP), dalam memenuhi kewajiban pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Program Relawan Pajak, yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Taman Sari dan Tax Center Universitas Tarumanagara, bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) dalam pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Program yang berlangsung dari Januari hingga Maret 2024 ini, berfokus pada asistensi teknis terkait pengisian SPT, pemadanan NIK menjadi NPWP, serta pemulihan EFIN. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya tingkat kepatuhan dalam pelaporan pajak, yang dapat diatasi melalui edukasi dan bimbingan langsung. Berdasarkan data DJP, tingkat kepatuhan pelaporan SPT Tahunan PPh pada 2024 meningkat sebesar 7,15%, mencapai 73,61% atau 14,19 juta SPT, dengan target 83,2% hingga akhir tahun. Program ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pelayanan pajak, namun juga membantu mengurangi beban kerja Petugas Pajak di masa puncak pelaporan SPT. Relawan Pajak juga berperan penting dalam memberikan edukasi tentang kewajiban pajak kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan pemahaman mereka terhadap teknologi pelaporan pajak yang lebih sederhana dan efisien. Secara keseluruhan, program ini mendukung peningkatan kepatuhan pajak dan kontribusi terhadap penerimaan pajak negara, dengan rekomendasi untuk evaluasi berkala dan perluasan sosialisasi teknologi pelaporan pajak untuk dampak yang lebih luas

Article Details

How to Cite
Delfina, F., & Indrajati Widjaja, D. (2025). PERAN STRATEGIS RELAWAN PAJAK DALAM MENDUKUNG PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA JAKARTA TAMANSARI. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(3), 565–572. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.32500
Section
Articles

References

Afdhilah, Nur Aini, and Chairil Anwar. "Efektivitas Pelayanan Pelaporan SPT Tahunan melalui E-Filing di Kantor Pelayanan Pajak." Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) 2.2 (2024): 28-35.

Anakotta, F. M., Sapulette, S. G., & Iskandar, T. E. (2023). Pengaruh Penerapan E-Filling System Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Peran Relawan Pajak Sebagai Variabel Moderasi. Accounting Research Unit (ARU Journal).

Fiqih, M., & Widjaja, D. I. (2024). Pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kegiatan Relawan Pajak. Jurnal Serina Abdimas. Vol. 2, No. 2, hlm 424-429.

Heriani, F.N. (2024, May 8). DJP Sebut Tingkat Kepatuhan Lapor Pajak 2024 Meningkat. Diakses dari https://www.hukumonline.com/berita/a/djp-sebut-tingkat-kepatuhan- lapor-pajak-2024-meningkat-lt663b71796e43d/

Katili, Andi Yusuf, et al. "Implementasi teknologi e-filing dalam peningkatan kepatuhan bagi wajib pajak." Jurnal Administrasi, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Ilmu Sosial (JAEIS) 3.2 (2024): 96-107.

Lukman, H., W, D. I., Widjaja, P. H., & T, E. (2021). Penyuluhan Daring untuk Pelaporan E-SPT Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Barat. Prosiding SENAPENMAS, 793.

Melvina, & Widjaja, D.I. (2024) Peran Relawan Pajak dalam Melayani Wajib Pajak di KPP Pratama Jakarta Taman Sari. Jurnal Serina Abdimas. Vol. 2, No. 2, hlm 505-510.

W, D. I., & T, E. (2021). Pelayanan dan Asistensi Pengisian SPT Wajib Pajak Orang Pribadi di Sekitar Kampus Untar. Prosiding SENAPENMAS, 803.

Waluyo. (2019). Perpajakan Indonesia Edisi 12 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat

Yuniarwati et al (2019). Belajar Mudah Perpajakan. Jakarta: Mitra Wacana Med

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.