PENDALAMAN MATERI PEMBUATAN JURNAL BAGI SISWA/I SMA KRISTEN YUSUF
Main Article Content
Abstract
Community service at Yusuf Christian High School by lecturers and students of Tarumanagara University aims to make a positive contribution to education in Indonesia. One of the programs was to provide students with additional understanding of accounting journal keeping. This activity, which was attended by 17 students, covered topics such as transaction journaling and adjusting journals. Students benefited in terms of understanding how to journalize transactions and accounting in general. The material was delivered through theoretical discussions, introduction to journaling concepts, various accounting journals, and practice questions to deepen understanding. The ultimate goal is to prepare them for future educational and career challenges. The instructors explained concepts and theories, gave practice questions, and held short game sessions in the form of interactive quizzes to make learning more relaxed and less monotonous, while also evaluating students' understanding of the material that had been taught. This activity held by Tarumanagara University had a positive effect on students of Yusuf Christian High School. Not only did they deepen their knowledge of journaling, but Yusuf Christian High School students also had the opportunity to test their own abilities through the practice questions that had been given. Through this activity, students can improve their knowledge while testing their skills in the context of accounting
ABSTRAK
Pengabdian kepada masyarakat di SMA Kristen Yusuf oleh dosen dan mahasiswa Universitas Tarumanagara bertujuan untuk memberikan kontribusi positif pada pendidikan di Indonesia. Salah satu programnya adalah memberikan pemahaman tambahan tentang pembuatan jurnal akuntansi kepada siswa/i. Kegiatan ini, yang diikuti oleh 17 siswa/i, membahas topik seperti penjurnalan transaksi dan jurnal penyesuaian. Siswa/siswi mendapatkan manfaat dalam hal pemahaman tentang cara menjurnal transaksi dan akuntansi secara umum. Materi disampaikan melalui diskusi teori, pengenalan konsep penjurnalan, macam-macam jurnal akuntansi, dan latihan soal untuk memperdalam pemahaman. Tujuan utamanya adalah mempersiapkan mereka menghadapi tantangan pendidikan dan karier di masa mendatang. Metode PKM berupa pembelajaran yang dilakukan secara luring. Pengajar memaparkan konsep dan teori, memberikan latihan soal, dan menyelenggarakan sesi permainan singkat dalam bentuk kuis interaktif untuk membuat pembelajaran lebih santai dan tidak monoton, sambil juga mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Kegiatan yang diadakan oleh Universitas Tarumanagara ini menghasilkan efek yang positif bagi siswa/siswi SMA Kristen Yusuf. Tidak hanya memperdalam pengetahuan mereka tentang pencatatan jurnal, tetapi siswa/siswi SMA Kristen Yusuf juga memiliki kesempatan untuk menguji kemampuan mereka sendiri melalui latihan soal yang telah diberikan. Melalui kegiatan ini, siswa/i dapat meningkatkan pengetahuan mereka sekaligus menguji keterampilan dalam konteks ilmu akuntansi
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Achadiyah, B. N. (2019). Otomatisasi Pencatatan Akuntansi Pada UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1).
Afif, Ali. (2021). Implementasi Pengelolaan Keuangan Pelaku UMKM Berdasarkan SAK-EMKM. Jurnal Akuntansi, Auditing, & Investasi (JAADI), 1(2), 24-35.
Anggraeni, I. & Priatna, Husaeri. (2019). Pentingnya Double Entry System dalam Akuntansi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(1), 90-98.
Dewi Prima, S., dkk. (2018). Panduan Belajar Pengantar Akuntansi. Bogor: In Media
Hans Kartikahadi., dkk. (2016). Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK Berbasis IFRS Buku 1. Jakarta: Salemba Empat
Hery. (2016). Akuntansi Dasar. Jakarta: PT. Grasindo
Husin, P. A. (2021). Penggunaan Siklus Akuntansi Pada UMKM. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 51-55.
Mokoginta, N., Lambey, L., Pontoh, W. (2017). Pengaruh Sistem Pengendalian Intern dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(2), 874-890.
Siregar, Siti Aisyah. (2022). Pengantar Akuntansi Dasar (Perusahaan Jasa, Dagang, dan Manufaktur). Medan: UMSU Press.
Syahputra, Dedi. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan. Jurnal At-Tawassuth, 2(2).
Weygant, Jerry J., Paul D. Kimmel, And Donald E. Kieso., (2019). Financial Accounting with International Financial Reporting Standards. (4th ed). United States: John Wiley & Sons Inc.
Yuniarwati, Linda Santioso, Agustin Ekadjaja, Rosmita Rasyid. (2018). Pengantar Akuntansi I. Edisi Revisi. Jakarta: Mitra Wacana Media.