MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ORGANISASI DENGAN PERILAKU EXTRA ROLE

Fransisca Iriani R. Dewi, Kiky Dwi Hapsari Saraswati
| Abstract views: 196 | views: 258

Abstract

Kinerja suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja para anggotanya. Kinerja yang maksimal dapat dicapai bila setiap anggota melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Seiring dengan perkembangan zaman, tugas dan tanggung jawab yang perlu dipenuhi pelaksanaannya bukan hanya berkisar pada tugas dan tanggung jawab pokok, namun juga yang bersifat informal dan tidak tercantum dalam deskripsi pekerjaannya, yang disebut sebagai perilaku extra role. Dalam banyak penelitian sebelumnya, telah dibuktikan bahwa perilaku extra role berperan signifikan dalam pencapaian kinerja, baik secara individual maupun organisasional. Istilah perilaku extra role lalu dikembangkan menjadi perilaku kewargaan organisasional (PKO) dengan lima dimensi, yaitu altruism, conscientiousness, sportsmanship, civic virtue, dan courtesy. Berdasarkan konsep ini, Penulis menyelenggarakan sebuah workshop sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan organisasi. Sasaran workshop adalah pengurus dan anggota organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia Cabang St. Laurensius, Tangerang. Workshop ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 April 2018 dan dihadiri oleh 35 orang pengurus dan anggota organisasi. Berdasarkan hasil evaluasi, terdapat peningkatan pengetahuan mengenai konsep organisasi dan perilaku extra role antara sebelum dan setelah diadakannya workshop. Selain itu, secara umum, peserta merasa materi workshop ini menarik, mudah dipahami, bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, serta memerlukan materi sejenis untuk pengembangan diri mereka.

Full Text:

PDF

References

Baron, B., & Branscombe. (2014) Social psychology. Belmont. CA: Wadsworth Cengage Learning

Luthans, F (2015). Organizational Behavior - An Evidence-based Approach (13th ed). Boston: McGraw Hill Inc.

Organ, D. W. (1997). Organizational citizenship behavior: It's construct clean-up time. Human performance, 10(2), 85-97

Organ, D. W., Podsakoff, P. M., & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational citizenship behavior: Its nature, antecedents, and consequences. USA: Sage Publications, Inc.

Podsakoff, N. P., Whiting, S. W., Podsakoff, P. M., & Blume, B. D. (2009). Individual- and organizational-level consequences of organizational citizenship behaviors: A meta- analysis. Journal of Applied Psychology, 94(1), 122-141

Copyright (c) 2019 Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.