PELATIHAN ANIMASI 3D DENGAN ICLONE 6 UNTUK SISWA BERKESULITAN BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Sekolah Talenta di bawah Yayasan Peduli Anak Spesial (YPAS) fokus pada pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar atau dalam bahasa Inggris disebut Learning Disability. Arah pendidikannya diarahkan pada pengembangan potensi dan bakat siswa di bidang seni dan dikemas dalam kurikulum Sekolah Kejuruan Seni Rupa dan Desain. Saat ini mereka belum memiliki program pembelajaran animasi 3D untuk siswa, maka Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR membantu dengan memberikan pelatihan animasi 3D dengan iClone 6. Metode pelaksanaannya dengan perancangan pelatihan dasar animasi yang dilaksanakan di studio animasi FSRD UNTAR dan pembuatan modul. Hasilnya peserta pelatihan mampu mengikuti instruksi yang diberikan saat mempelajari software tersebut.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Erin, J. N., & Koenig, A. J. (1997). The student with a visual disability and a learning
disability. Journal of Learning Disabilities, 30(3), 309-20. Retrieved from
https://search.proquest.com/docview/194223934?accountid=38628
Handwerk, M. L., & Marshall, R. M. (1998). Behavioral and emotional problems of students
with learning disabilities, serious emotional disturbance, or both conditions. Journal of
Learning Disabilities, 31(4), 327-38. Retrieved from
https://search.proquest.com/docview/194224763?accountid=38628
Learning Disabilities Association of America. (2017). Types of Learning Disabilities,
https://ldaamerica.org/types-of-learning-disabilities/1 Agustus 2017.
Reallusion Inc. (2018). What is Iclone?, http://www.reallusion.com, diakses1 Agustus 2018
The Coordinated Campaign for Learning Disabilities. What is a Learning Disability?, http://www.ldonline.org/ldbasics/whatisld, diakses 1 Agustus 2017
UNESCO. (2009). Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran, buku khusus 3: Mengajar Anak-anak dengan Disabilitas dalam Seting Inklusif. IDPN Indonesia, Indonesia.
Yukselturk, Erman, et al. "Using Game-Based Learning with Kinect Technology in Foreign
Language Education Course." Educational Technology & Society, vol. 21, no. 3, 2018, p.
+. Gale Virtual Reference Library,
http://link.galegroup.com/apps/doc/A550300751/GPS?u=kpt03013&sid=GPS&xid=e51ab
Accessed 18 Aug. 2018.