PELATIHAN ANIMASI 3D DENGAN ICLONE 6 UNTUK SISWA BERKESULITAN BELAJAR

Main Article Content

Ruby Chrissandy
Ferdy Tanumihardja

Abstract

Sekolah Talenta di bawah Yayasan Peduli Anak Spesial (YPAS) fokus pada pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar atau dalam bahasa Inggris disebut Learning Disability. Arah pendidikannya diarahkan pada pengembangan potensi dan bakat siswa di bidang seni dan dikemas dalam kurikulum Sekolah Kejuruan Seni Rupa dan Desain. Saat ini mereka belum memiliki program pembelajaran animasi 3D untuk siswa, maka Fakultas Seni Rupa dan Desain UNTAR membantu dengan memberikan pelatihan animasi 3D dengan iClone 6. Metode pelaksanaannya dengan perancangan pelatihan dasar animasi yang dilaksanakan di studio animasi FSRD UNTAR dan pembuatan modul. Hasilnya peserta pelatihan mampu mengikuti instruksi yang diberikan saat mempelajari software tersebut.  

Article Details

How to Cite
Chrissandy, R., & Tanumihardja, F. (2019). PELATIHAN ANIMASI 3D DENGAN ICLONE 6 UNTUK SISWA BERKESULITAN BELAJAR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2908
Section
Articles

References

Erin, J. N., & Koenig, A. J. (1997). The student with a visual disability and a learning

disability. Journal of Learning Disabilities, 30(3), 309-20. Retrieved from

https://search.proquest.com/docview/194223934?accountid=38628

Handwerk, M. L., & Marshall, R. M. (1998). Behavioral and emotional problems of students

with learning disabilities, serious emotional disturbance, or both conditions. Journal of

Learning Disabilities, 31(4), 327-38. Retrieved from

https://search.proquest.com/docview/194224763?accountid=38628

Learning Disabilities Association of America. (2017). Types of Learning Disabilities,

https://ldaamerica.org/types-of-learning-disabilities/1 Agustus 2017.

Reallusion Inc. (2018). What is Iclone?, http://www.reallusion.com, diakses1 Agustus 2018

The Coordinated Campaign for Learning Disabilities. What is a Learning Disability?, http://www.ldonline.org/ldbasics/whatisld, diakses 1 Agustus 2017

UNESCO. (2009). Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran, buku khusus 3: Mengajar Anak-anak dengan Disabilitas dalam Seting Inklusif. IDPN Indonesia, Indonesia.

Yukselturk, Erman, et al. "Using Game-Based Learning with Kinect Technology in Foreign

Language Education Course." Educational Technology & Society, vol. 21, no. 3, 2018, p.

+. Gale Virtual Reference Library,

http://link.galegroup.com/apps/doc/A550300751/GPS?u=kpt03013&sid=GPS&xid=e51ab

Accessed 18 Aug. 2018.