PENDAMPINGAN PENATAAN PAMERAN PRODUK FURNITURE STUDI KASUS: PENGUSAHA MEBEL, KLENDER, JAKARTA

Main Article Content

Maitri W. Mutiara
Augustina Ika W
Edy Chandra
Eddy S. Marizar

Abstract

Dalam persaingan dengan industri, ada beberapa hal berkaitan dengan promosi yang dapat dilakukan agar produk yang ditawarkan dapat diminati dan dibeli. Koperasi Industri kayu dan Mebel di Kawasan Klender merupakan tempat berkumpulnya Usaha Kecil Menengah produk kayu dan mebel sejak tahun 1950an. Namun sejak tahun 1970an sampai saat ini belum mengalami perubahan yang signifikan sesuai dengan kemajuan jaman. Selain pola pikir, proses produksi, serta teknologi yang lumayan tertinggal, juga pengetahuan mengenai model promosi di jaman modern ini. Tim dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara menyelenggarakan pelatihan dengan materi manajemen bisnis industri mebel dan pelatihan berkaitan dengan promosi produk kayu dan mebel. Pelatihan promosi khususnya pada Penataan Pameran produk Kayu dan Mebel. Penataan pameran tidak terlepas dari keindahan secara visual dan bagaimana tatanan tersebut mempengaruhi penggunanya secara psikologis. Pertimbangan-pertimbangan tersebut dapat menambah daya tarik dan menjadi nilai lebih bagi produk kayu dan mebel yang ditata dengan prinsip-prinsip desain. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan minat pembeli dan pada akhirnya akan meningkatkan angka penjualan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat di koperasi ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan pendampingan dalam penataan produk. Hasilnya para peserta mulai mengubah tata produk. Produk tidak hanya dikumpulkan di area yang sama, tapi juga ditata dan ditampilkan dengan lebih estetik dan memiliki konsep tertentu.

Article Details

How to Cite
Mutiara, M. W., W, A. I., Chandra, E., & Marizar, E. S. (2019). PENDAMPINGAN PENATAAN PAMERAN PRODUK FURNITURE STUDI KASUS: PENGUSAHA MEBEL, KLENDER, JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2898
Section
Articles

References

Bell, Judith, (2017), Silent Selling: Best Practices and Effectives Strategies in Visual Merchandising. Fairchildbooks, English. ISBN: 9781609011536

Booth, S. & Plunkett, D. (2014). Furniture For Interior Design. Laurence King Publishing Ltd. London. 6-7, 80-82.

Girsang, Manmpin, (2015), Meubelpreneur, Grasindo. Jakarta. ISBN: 9786022519188

Locker, Pam. (2010). Basics Interior Design 02: Exhibition Design. AVA Publishing SA. Switzerland. 16-17.