PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Clara Ika Sari Budhayanti
| Abstract views: 555 | views: 429

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru SD/MI adalah kemampuan mengembangkan diri secara professional. Kemampuan mengembangkan diri secara professional dapat dilihat dari kemampuan dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan wawancara dengan tiga sekolah dasar di Kabupaten Cisauk, yaitu SDN Kedokan, SDN Cibogo, dan SDN Mekarwangi, jarang ada guru yang melakukan PTK. Dari 24 guru yang di ketiga sekolah tersebut hanya 7 guru yang pernah melaksanakan PTK, namun hanya 4 orang guru yang melaksanakan PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan. Sedangkan 3 guru lainnya melaksanakan PTK dalam rangka memenuhi salah satu tugas perkuliahan saat mengambil program sarjana. Oleh karena itu, Unika Atma Jaya melaksanakan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru di tiga SD tersebut. Setelah pelatihan guru diminta untuk menyusun draf proposal PTK. Pada dasarnya guru-guru telah dapat menentukan masalah dan alternatif pemecahan masalah yang akan diteliti, namun kebanyakan guru masih kesulitan menentukan fokus tindakan dan teknik pengumpulan data serta analisis data. Selain itu ada beberapa  guru yang menuliskan latar belakang masalah penelitian tidak dilengkapi dengan landasan teori atau ada namun cara penulisannya salah. Draf proposal PTK yang telah disusun juga tidak memuat teori-teori secara lengkap sehingga tidak heran jika ketika menuliskan fokus tindakan, guru mengalami kesulitan. Dengan demikian, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara konseptual, guru-guru telah memahami bagaimana melaksanakan PTK namun dalam praktik guru-guru tersebut masih mengalami kesulitan terutama dalam menentukan dan mengembangkan instrumen penelitian sebagai alat pengumpul data serta bagaimana cara mengolahnya menjadi data penelitian. Oleh karena itu, disarankan perlu adanya pendampingan dalam pengembangan instrumen penelitian serta dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelasnya.

Full Text:

PDF

References

Asmarani, N. 2014. Peningkatan kompetensi professional guru di sekolah dasar. Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 | Bahana Manajemen Pendidikan | Jurnal Administrasi Pendidikan

Cahyana, A. 2010. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru dalam Menghadapi Sertifikasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 16, Nomor 1, Januari 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Herlina, N. 2008. Persepsi, Sikap, dan Norma Subjektif Terhadap KB Kontrasepsi Mantap (Penelitian Komparasi Pada Suami Akseptor KB Kontap dan Suami Bukan Akseptor KB Kontap di Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang). Semarang: UNNES

Iskandar. 2012. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Referensi.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pidarta, Made. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Semiawan, C. 2007. Kebijakan pendidikan era otonomi daerah. Jakarta: raja Grafindo Persada

Subyantoro. 2010. Pelaksanaan dan pelaporan penelitian tindakan kelas. Makalah yang disajikan pada Seminar dan Lokakarya Nasional “Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi” yang diselenggarakan oleh Program Pascasarjana program Studi Magister Linguistik Universitas Diponegoro

Suparno, P. 2008. Action research. Riset tindakan untuk pendidikan. Jakarta: Grasindo

Sumini. 2010. Penelitian tindakan kelas dan pengembangan profesi guru. Http://www/usd.ac.id/ Diakses 24 April 2017

Suyanto dan Djihad, A. 2012. Bagaimana menjadi calon guru dan guru professional. Yogyakarta: Multi Pressindo

Wardani,dkk. 2008. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Zamania. (2009). Upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam proses belajar mengajar di Raudlatul Athfal Al-Ikhlas Sukodadi Lamongan. Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Copyright (c) 2019 Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.