PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA DI SMA SANTO KRISTOFORUS 1

Main Article Content

Henny Wirianata
Vinnetta Ratna Sari
Virginia Patricia
Irene Kim Lie
Karen Widjaja

Abstract

Today's young generation needs to have financial literacy from an early age, one of which is about preparing
financial reports. Understanding the preparation of financial reports can help awaken the entrepreneurial spirit in
high school students. SMA Santo Kristoforus 1 has provided accounting lessons but is limited to grade 12 students
only. Based on an agreement with partners, UNTAR Community Service (CS) Team will provide accounting training,
especially on how to prepare financial statements for service companies at SMA Santo Kristoforus 1. The training
will be conducted of line in 2 sessions with a duration of 2 hours from 14.45-16.45. The first session was held on
Friday, 8 September 2023 and the second session was held on Wednesday, 13 September 2023. The training
participants were students of SMA Santo Kristoforus I grades 10 to 12. The training was given in the form of
presentation of material, practice questions, and quizzes so that participants can understand deeply about the
material presented. Based on the results of the questionnaire, it can be concluded that the training activities have
gone well and the participants were very enthusiastic about taking part in the training held by the UNTAR CS Team.
The results of the questionnaire showed that there was an increase in the understanding of the training participants
as seen from the average answer score of 3.91 out of 5 before participating in the training and after participating in
the training it became 4.25 out of 5. The ef ect of this significant increase occurred shows the success of the UNTAR
CS Team in carrying out training. It is hoped that this training will increase the attractiveness of Santo Kristoforus I
High School students to study accounting more deeply and be interested in continuing to higher education in the
accounting study program.


ABSTRAK:


Generasi muda saat ini perlu memiliki literasi keuangan sejak dini, salah satunya adalah tentang penyusunan laporan
keuangan. Dengan memahami penyusunan laporan keuangan dapat membantu membangkitkan jiwa kewirausahaan
pada siswa/i SMA. SMA Santo Kristoforus 1 telah memberikan pelajaran akuntansi tetapi terbatas pada siswa/i
kelas 12 saja. Berdasarkan kesepakatan dengan pihak mitra, Tim PKM UNTAR akan memberikan pelatihan
akuntansi khususnya tentang cara penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa di SMA Santo Kristoforus 1.
Pelatihan dilakukan secara tatap muka sebanyak 2 pertemuan dengan durasi 2 jam dari pukul 14.45-16.45.
Pertemuan pertama dilakukan pada hari Jumat, 8 September 2023 dan pertemuan kedua dilakukan pada hari Rabu,
13 September 2023. Peserta pelatihan adalah siswa/i SMA Santo Kristoforus I kelas 10 sampai 12. Pelatihan
diberikan dalam bentuk pemaparan materi, latihan soal, dan kuis agar peserta dapat memahami materi yang
disampaikan. Berdasarkan hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan telah berjalan dengan baik
dan peserta pun sangat antusias mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Tim PKM UNTAR. Hasil dari kuesioner
menunjukan bahwa adanya peningkatan pemahaman dari peserta pelatihan yang dilihat dari dari rata-rata nilai
jawaban sebesar 3,91 dari 5 sebelum mengikuti pelatihan dan setelah mengikuti pelatihan menjadi 4,25 dari 5.
Pengaruh peningkatan yang cukup signifikan terjadi menunjukkan keberhasilan Tim PKM UNTAR dalam
menjalankan pelatihan. Dengan pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan daya tarik para siswa/i SMA Santo
Kristoforus I untuk mempelajari akuntansi lebih dalam dan tertarik untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi di
program studi akuntansi.

Article Details

How to Cite
Wirianata, H., Sari, V. R., Patricia, V., Lie, I. K., & Widjaja, K. (2024). PELATIHAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN JASA DI SMA SANTO KRISTOFORUS 1. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(3), 652–660. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i3.26530
Section
Articles

References

Fadlilah, A. H., Mulyadi, Mustika, I., Khadijah, & Richmayati, M. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan bagi Siswa Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sahabat Cendekia Batam. Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(1), 249-257. doi:10.37680/amalee.v4i1.2622

Haryani, E., Ahmad, S., & Aradea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82-88. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51

Ikatan Akuntan Indonesia. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah. Jakarta.

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., dan Warfield, T. D.. (2020). Intermediate Accounting 4th Edition: IFRS Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Meini, Z., Safuan, S., Dewo, S. A., & Diyanti, V. (2018). Business cycles and earnings persistence: evidence from the ASEAN-5 countries. International Journal of Economics and Management, 12(November), 105–118.

Setyawati, I., Suroso, S., Rambe, D., Damayanty, P., & Lestari, T. S. (2018). Upaya Peningkatan Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam Pada Sekolah Menengah Umum Di Kecamatan Jagakarsa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v1i1.238

Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., dan Setioningsih, R. (2022). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Siswa Al-Falah Tangerang Selatan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1 Number 1, 1-8. https://doi.org/10.53276/dedikasi.v1i1.4

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung. Sinar Baru.