PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN BAGI PELAKU UMKM KULINER JAKARTA PUSAT
Main Article Content
Abstract
Pendampingan penggunaan aplikasi marketplace untuk meningkatkan omset penjualan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner di Jakarta Pusat merupakan upaya yang bertujuan untuk membantu UMKM kuliner memanfaatkan platform digital guna meningkatkan penjualan dan daya saing mereka. Melalui metode pelatihan, pendampingan langsung, dan penyusunan strategi pemasaran, para pelaku UMKM kuliner diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi marketplace. Hasil pendampingan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan, perluasan jangkauan pasar, peningkatan omset penjualan, dan efisiensi operasional pelaku UMKM kuliner. Dalam kesimpulannya, pendampingan penggunaan aplikasi marketplace berperan penting dalam membantu UMKM kuliner meningkatkan omset penjualan mereka, berkontribusi pada pertumbuhan sektor UMKM kuliner, dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jakarta Pusat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
APJII (Asosiasi Pengusaha Internet Indonesia). 2020. Pengguna Internet Indonesia. http://www.apjii.or.id. Diakses pada 7 Februari 2023.
Apriadi, D. & Saputra, A. Y., 2017. E-commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.
Laudon, K. & P. Laudon, J. 2005. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 8. Yogyakarta: Andi Offset.
Hidayat, T. 2008. Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce, Jakarta: Mediakita
Kementrian Komunikasi dan Informatika. 2017. UMKM Go Online, Upaya Wujudkan Visi “Digital
Energy of Asia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/9514/umkm-go-online-upaya- wujudkan-visi-digital-energy-of-asia/0/berita_satker. Diakses pada 7 Februari 2023.
Septiana, E. & Widayani, A. 2020. Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran: Kompetitif. Vol. 5 No.1 Oktober 2020. Hal :133–142
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Wong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo