PELATIHAN PEMBUATAN BUKU BESAR DAN NERACA SALDO DI SMA KATOLIK RICCI I JAKARTA

Main Article Content

Henny Wirianata
Catherine
Felicia

Abstract

Accounting is important to understand early on because it is directly related to the daily financial management of
individuals and companies. Ricci I Catholic High School is one of the schools that has given accounting lessons to
its students. However, the school is constrained by limited time to be able to provide all accounting materials to their
students, so that their students do not yet have an adequate basic understanding of accounting. The Community
Service team from Untar provided training on making Ledgers and Trial Balance of Trading Companies as part of
the Accounting Cycle. This topic is one of the solutions we of er to schools because the process of making ledgers
and trial balances is one of the important stages of the accounting cycle for high school students to understand. The
training is conducted online using zoom media. The training was held on Tuesday, 21 March 2023 with a duration of
1 hour from 08.00 – 09.00. Based on the results of the questionnaire and quiz, it can be concluded that this training
activity has gone well. Training materials can also be followed and understood by training participants. The
average score of all questionnaires before and after training showed an average score increased from 2.64 out of 5
before training and to 4.28 out of 5 after training. These results indicate that the training participants benefited and
increased knowledge about making Ledgers and Trial Balances in the Accounting Cycle.


ABSTRAK


Akuntansi penting untuk dipahami sejak dini karena berkaitan langsung dengan pengelolaan keuangan sehari-hari
dari orang pribadi dan juga perusahaan. SMA Katolik Ricci I termasuk salah satu sekolah yang telah memberikan
pembekalan pelajaran akuntansi kepada siswa/inya. Namun, pihak sekolah terkendala keterbatasan waktu untuk
dapat membekali seluruh materi akuntansi kepada murid-muridnya, sehingga siswa/i SMA Katolik Ricci I kurang
memiliki pemahaman yang memadai terhadap ilmu akuntansi dasar. Tim PKM Untar memberikan pelatihan
mengenai pembuatan Buku Besar dan Neraca Saldo Perusahaan Dagang sebagai bagian dari Siklus Akuntansi.
Topik ini menjadi salah satu solusi yang kami tawarkan kepada pihak sekolah karena proses pembuatan Buku Besar
dan Neraca Saldo merupakan salah satu tahapan siklus akuntansi yang penting dipahami oleh siswa/i SMA.
Pelatihan dilakukan secara daring (online) dengan menggunakan media zoom. Pelatihan diadakan pada hari Selasa,
21 Maret 2023 dengan durasi pelatihan adalah selama 1 jam dari pukul 08.00 – 09.00. Berdasarkan hasil kuesioner
dan hasil kuis, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini telah berjalan dengan baik. Materi pelatihan juga
dapat diikuti dan dipahami oleh peserta pelatihan. Nilai rata-rata keseluruhan kuesioner sebelum dan sesudah
pelatihan memperlihatkan skor rata-rata mengalami peningkatan dari 2,64 dari 5 sebelum pelatihan dan menjadi
4,28 dari 5 setelah pelatihan. Hasil ini mengindikasikan bahwa peserta pelatihan mendapatkan manfaat dan
peningkatan pengetahuan tentang pembuatan Buku Besar dan Neraca Saldo dalam Siklus Akuntansi.

Article Details

How to Cite
Wirianata, H., Carissa Tanaya, C., & Ivana, F. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN BUKU BESAR DAN NERACA SALDO DI SMA KATOLIK RICCI I JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(2), 250–259. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i2.23814
Section
Articles

References

Hanafi, Mamduh M. & Halim, A.. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM UKPN.

Hery. (2016). Akuntansi Dasar. Jakarta: PT. Grasindo

Ikatan Akuntan Indonesia. (2020). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.

Jimirano, YohanesAma Gate, Mega Silvia, Ugik Meliyana. (2020) Sosialisasi Akuntansi Pada Siswa IPS Kelas XI SMA 3 Tarakan. Jurnal Politeknik Bisnis Kaltara. ISSN: 2722-5011 Vol. 1, No.1, Juni 2020.

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., dan Warfield, T. D.. (2020). Intermediate Accounting 4th Edition: IFRS Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Merdekawati, E., Pratiwi, R., dan Hidayati, A. (2022). PENGUATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XII MELALUI PELATIHAN AKUNTANSI. Jurmas Sosial dan Humaniora, Vol. 3 No. 1, Hal: 240-244. Doi: https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i1.83

Susanto, L. dan Susanti, M. (2019). Pelatihan Penerapan Akuntansi Perusahaan Dagang SMA TRI RATNA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, Vol. 2, No. 1, Mei 2019, Hal. 99-104

https://digilib.esaunggul.ac.id/pelatihan-menyusun-laporan-keuanganperusahaan-jasa--pada-siswa-smu-di--tangerang-14617.html, diakses tanggal 13 Maret 2023