PERANAN CONTENT CREATOR DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA SANGGAR KREATIVITAS BOMBI JAKARTA

Main Article Content

Amelia
Hendro Lukman
Sriwati

Abstract

The development of information technology enters people's daily lives, increasing activities with growing digitalization. One model of digitization is social media which is used to communicate as well as for promotion and marketing. Social media requires content creators. Content creators are urgently needed by business owners to support them in promoting their business products, one of which is "Sanggar Kreasi Bombi" ("Sanggar y"). A content creator is a material maker on social media who shares information that can inspire, entertain and provide information to the public. The role of content creators has increased during the Covid-19 pandemic, which companies really need, because they are able to increase brand awareness of these products or companies, including in the education sector. The purpose of this Community Service activity is to measure the role of content creators in creating brand awareness in "Sanggar". The implementation is still in a Covid-19 pandemic condition even though it is not in an emergency status. Data collection was carried out face-to-face and online to obtain information on the condition of "Sanggar". The survey results show that 93% are satisfied with the “Sangga” infrastructure and 76.5% brand awareness of “Sanggar”. Based on observations and surveys, 44 videos and 4 posters have been created to increase brand awareness which contain learning methods, activities and promotions to increase "Sanggar" brand awareness. want to create brand awareness for both the product and the company itself. Content creators must understand information technology, creative and management strategies


ABSTRAK


Perkembangan teknologi informasi memasuki kehidupan masyarakat sehari-hari, meningkatkan kegiatan dengan digitalisasi semakin berkembang. Salah satu model digitalisasi adalah sosial media yang digunakan untuk berkomunikasi juga untuk promosi dan pemasaran. Dalam hal sosial media membutuhkan content creator. Content creator sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha untuk mendukung dalam mempromosikan produk usahanya, salah satunya adalah Sanggar Kreativitas Bombi (“Sanggar”).  Content creator adalah seorang pembuat materi di media sosial yang memberikan informasi yang dapat menginspirasi, menghibur, dan memberikan informasi kepada masyarakat. Peranan konten creator semakin meningkat pada masa pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena mampu meningkatkan brand awareness terhadap produk atau perusahaan tersebut, termasuk pada bidang pendidikan. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini untuk mengukur peranan content creator untuk menciptakan brand awareness pada” Sanggar”. Pelaksanaan masih kondisi pandemic Covid-19 walaupun tidak berstatus darurat. Pengambilan data dilakukan secara tatap muka dan daring untuk mendapatkan informasi keadaan “Sanggar”, Untuk mendapatkan masukan harapan orang tua menggunakan kuesioner dengan menggunakan google form dengan pertanyaan fasilitas “sanggar” dan “brand awareness “Sanggar”. Hasil survei menunjukkan 93% puas dengan infrastruktur “Sanggar” dan 76.5% brand awareness terhadap “Sangal” . Berdasarkan observasi dan survey, telah dibuat konten untuk meningkatkan brand awareness sebanyak 44 video dan 4 poster yang isinya cara pembelajaran, kegiatan yang maupun promosi untuk meningkatkan brand awareness “Sanggar”. Implikasi dari kegiatan ini, bahwa content creator suatu pekerjaan yang tidak akhirnya selama perusahaan ingin menciptakan brand awareness baik untuk produk maupun perusahaan itu sendiri. Content creator harus memahami teknologi informasi, creative dan strategi manajemen

Article Details

How to Cite
PERANAN CONTENT CREATOR DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA SANGGAR KREATIVITAS BOMBI JAKARTA. (2023). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 11-18. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.21021
Section
Articles

How to Cite

PERANAN CONTENT CREATOR DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA SANGGAR KREATIVITAS BOMBI JAKARTA. (2023). Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(1), 11-18. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i1.21021

References

Arianty, N., & Andira, A. (2021) pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Volume 4 (1) , pp. 39-50

Bagja, K. (2022). Sejarah Sebutan Odol pada Setiap Merek Pasta Gigi di Indonesia

https://www.inews.id/lifestyle/health/sejarah-sebutan-odol-pada-setiap-merek-pasta-gigi-di-indonesia-sudah-ada-sejak-zaman-kolonial

Eliasari, P,R,A., & Sukaatmadja, I, P, G. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality Dan Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6 (12), pp : 6620-6650

Isroissholikhah, W, O. (2022). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era DigitaL. Sibatik Journal, Vol 2(1), pp. 121-128

Moerdijati, S. (2012). Pengantar ilmu Komunikasi. Surabaya: Revka Petra Media

Larasati, P. K. P. (2021). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi Promosi Di Era Digital. Sandi: Seminar Nasional Desain, 1, 126–133.

Larasati, P, K, P., Kartika, K, D., Rahayu, A, S., Khairunisa, P., & , 5 I Nyoman (2021). Efektivitas Content Creator dalam Strategi Promosi di Era Digital. Seminar Nasional Desain. Volume 1 Tahun 2021. pp. 1-8

Rita, Rita & Nabilla, Shania Febrine. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Event Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. JESYA: Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah, 5.1, 426-437.

Pranata, I W,D, R., & Pramudana, K, A, S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7 (10), pp. 5230-5257

Subdawa, Yusti Amelia & Trigartanti, Wulan. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital. UNISBA: Prosiding Hubungan Masyarakat, 4.2, 438.

Uli. (2021, December 29) Konsumen Belanja Online RI Melonjak 88 Persen pada 2021. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211229141536-92-740093/konsumen- belanja-online-ri-melonjak-88-persen-pada-2021

Yudhitira, R. (2021) https://ppid.serangkota.go.id/detailpost/sejarah-sebutan-odol-untuk-semua- merek-pasta-gigi

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.