ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PEGAWAI UPN “VETERAN” JAKARTA

Main Article Content

Renny Husniati
Dewi Cahyani Pangestuti

Abstract

Dalam pencapaian tujuan perusahaan, sumber daya manusia mempunyai peran yang sangat penting. Organisasi akan tetap eksis bila didukung oleh karyawan yang loyal dan berkomitmen tinggi kepada organisasi, yang ditunjukan dalam sikap dan perilaku karyawan ditempat kerja. Perilaku positif karyawan atau anggota organisasi mampu mendukung kinerja individu dan kinerja organisasi untuk perkembangan organisasi yang lebih baik. Organizational Citizenship Behavior (OCB) adalah perilaku sukarela pegawai yang tidak secara langsung berkaitan dengan pengimbalan, namun berkontribusi pada keefektifan organisasi. OCB sangat penting untuk sebuah organisasi yang efektif karena meliputi perilaku yang tidak secara langsung berhubungan dengan tugas kinerja tetapi penting untuk keseluruhan kinerja organisasi. Organizational Citizenship Behavior (OCB) sangatlah penting artinya untuk menunjang keefektifan fungsi-fungsi organisasi terutama dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana OCB pegawai UPN”Veteran” Jakarta saat ini untuk menuju organisasi yang lebih baik. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab. Skala Likert digunakan untuk mengukur kuesioner yang berupa pernyataan, pendapat, dan persepsi seseorang tentang ketaatan/kepatuhan, loyalitas, dan partisipasi pegawai untuk perkembangan organisasi yang lebih baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rataan skor untuk mengukur OCB pegawai dari ketaatan, loyalitas dan partisipasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari ketiga indikator yang dipakai dalam penilaian tersebut mempunyai rataan skor cukup baik. Dari ketiga nilai indikator terlihat yang paling kecil adalah nilai dari indikator partisipasi yaitu 3,39. Kurangnya nilai OCB dari indikator partisipasi ini dapat menjadi informasi mengenai derajat OCB yang dimiliki oleh karyawan UPN”Veteran” Jakarta, sehingga institusi bisa merancang kegiatan pelatihan atau workshop yang sesuai dengan kebutuhan karyawan agar karyawan dapat menunjukan perilaku kerja yang melebihi standard.

Article Details

How to Cite
Husniati, R., & Pangestuti, D. C. (2019). ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) PADA PEGAWAI UPN “VETERAN” JAKARTA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i1.1902
Section
Articles

References

Azizollah, Arbabisarjou; Hajipour, Reza; Mahdi, Sadeghian Sourki. ,2014, The Correlation Between Justice and Organizational Citizenship Behavior and Organizational Identity Among Nurses, Global Journal of Health Science Vol. 6.6 , 2014, pp. 252-260.

Beheshtifar, Malikeh; Hesani, Gholam Reza. 2013, Organizational Citizenship Behavior (OCB): A Factor to Decrease Organizational Conflict, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research In Business Vol. 5.1 , May 2013, pp. 214-222.

Bolino,M.C.,Turnley,W.H.,dan Bloodgood,J.M., (2002). “Citizenship Behavior and the Creationof Social Capitalin Organization”. Academy of Management Journal,Vol.7,No.4, 2002, pp.502–522

Budiharjo, Andreas ,2011, Organisasi : Menuju Pencapaian Kinerja Optimum, Prasetya Mulya Publishing, Jakarta.

Lee, Ung Hee; Kim, Hye Kyoung; Kim, Young Hyung, 2013, Determinants of Organizational Citizenship Behavior and Its Outcomes. Global Business and Management Research V. 5.1 (2013), pp. 54-65.

Miao, Ren-Tao., 2011, Perceived Organizational Support, Job Satisfaction, Task Performance and Organizational Citizenship Behavior in China, Journal of Behavioral and Applied Management 12.2 ,Jan 2011, pp. 105-127.

Oplatka, Izhar. 2009, Organizational Citizenship Behavior In Teaching: The Consequences For Teachers, Pupils, And The School. The International Journal of Educational Management V. 23.5 (2009): pp. 375-389.

Podsakoff, P.M., MacKenzie, S.B., Paine, J.B. and Bachrach, D.G. 2009, “Organizational Citizenship Behaviors: A Critical Review Of The Theoretical And Empirical Literature And Suggestions For Future Research”, Journal of Management, Vol. 26 No. 3

Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A., 2013, Organizational Behavior. (15 th Edition, 2013) New Jersey : Prentice Hall.

Vigoda,E.,dan Goliembiewski, R.T. (2001).”Citizenship Behaviorand the Spirit of New Managerialism. A Theoretical Framework and Challenge for Governance”. American Review of Public Administration.Vol.31 No.3.September 2001 273-295.

Wei Zheng, Mian Zhang, Hai Li, 2012, "Performance Appraisal Process And Organizational Citizenship Behavior", Journal of Managerial Psychology, Vol. 27 Iss: 7, pp.732 - 752