ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS TERBUKA

Main Article Content

Mailani Hamdani

Abstract

The purpose of this study is to examine and analyze the level of financial literacy and its effect on financial behavior among students at the Universitas Terbuka Management Study Program. The sample in this study were 500 students from the Universitas Terbuka Management Study Program. Data were analyzed using the Partial Least Square (PLS) method using SmartPLS tools. The results of this study are the greatest significance value is at financial literacy variables in the Universitas Terbuka Management Study Program students are having enough savings for unexpected expenses. The t-statistic value of the influence of financial literacy on financial behavior is 46.011197, this value is greater than the t-table value of 1.98 for a significance level of 0.05 (5%) which indicates the significance of the influence between latent variables. R-square value for the latent variable Keputusan Berkunjung is 0.598824, this shows that the financial literacy variable has an effect as much as 59.8824% on financial behavior, while the rest is explained by other variables not included in this study. The implication of this research is meant for the students of the Universitas Terbuka Management Study Program to be knowledgeable about finance from an early age, so that they can manage finances well, to not experience financial difficulties in the future


ABSTRAK:Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis tingkat literasi keuangan dan pengaruhnya terhadap perilaku keuangan pada mahasiswa Prodi Manajemen universitas Terbuka. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 500 mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Terbuka. Data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dan menggunakan tools SmartPLS. Hasil dari penelitian ini adalah nilai signifikasi terbesar pada variabel literasi keuangan pada mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Terbuka adalah memiliki tabungan yang cukup untuk pengeluaran tidak terduga. Nilai t-statistik pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku keuangan sebesar 46.011197, nilai ini lebih besar dari nilai t-tabel 1.98 untuk level signifikan 0.05 (5%) yang menunjukkan signifikansi pengaruh antar variabel laten. Nilai R-square untuk variabel laten Keputusan Berkunjung didapatkan nilai sebesar 0.598824, hal ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh sebesar 59.8824% terhadap perilaku keuangan. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Implikasi dari penelitian ini ditunjukkan bagi para mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Terbuka agar mereka memiliki pengetahuan tentang keuangan sejak dini, agar mereka dapat menjadi manusia cerdas yang dapat mengatur keuangan dengan baik sehingga tidak mengalami kesulitan keuangan dimasa depan.

Article Details

How to Cite
Hamdani, M. (2019). ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU KEUANGAN PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS TERBUKA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i1.1889
Section
Articles

References

Adler H Manurung dan Lutfi T Rizky. 2009. Succesful Financial Planner : A Complete Guide. Grasindo. Jakarta

Alina Tsalitsa dan Yanuar Rachmansyah. 2016. Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Pengambilan Kredit Pada PT. Colombia Cabang Kudus. Media Ekonomi Dan Manajemen vol 31 no 1

Chinen, Kenichiro & Hideki Endo. 2012. Effect Of Attitude And Bacground On Personal Finance Ability: A Student Survey In The United State. International Journal of Management.

Chen, Haiyang & Volpe, Ronald P. 1998. An Analysis Of Personal Literacy Among College Students. Financial Service Review

Hilgert, M.A & Hogart M. 2003. Household Financial Management: The Connection Between Knowledge And Behavior. Federal Reserve Bulletin July 2003

Jumiati. 2009. Perubahan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Akibat Perkembangan Value-Added Telepon Seluler (HP). Skripsi. Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Sumarwan Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia. Bogor

Widayati, I. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jurnal Akutansi dan Pendidikan.

Widarjono, Agus. 2015. Analisis Multivariat Terapan (Dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS). UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

www.cnnindonesia.com

www.ojk.go.id

Yamin, Sofyan dan Kurniawan, Heri. 2011. Generasi Baru Mengolah Data dengan Partial Least Square Path Modeling. Jakarta. Salemba Infotek

Yashica Putri Rizkiana dan Kartini. 2016. Analisis Tingkat Financial Literacy Dan FinancialBehavior Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.