PENGARUH DISTRES PSIKOLOGIS TERHADAP PROBLEMATIC INTERNET USE PADA MAHASISWA YANG TINGGAL SENDIRI
Main Article Content
Abstract
Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Harus diakui bahwa internet memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita, mulai dari akademik, pekerjaan, atau bersosialisasi. Meskipun demikian, internet juga memiliki konsekuensi negatif bila digunakan terlalu sering. Jika individu tidak bisa mengontrol penggunaan internet, maka individu dapat mengalami Problematic Internet Use (PIU) (Anand et al., 2018a; Mamun et al., 2019). PIU adalah istilah formal dari adiksi internet dan jika seseorang adiksi pada internet, mereka rentan dalam mengalami distres psikologis (Anand et al., 2021). Semakin distres seseorang, semakin kecanduan pula mereka pada internet (Alhassan et al., 2020; Anand et al., 2018b, 2021; Ansari et al., 2022; Jatmika, 2020; Mamun et al., 2020; Taha et al., 2022). Mahasiswa yang tidak tinggal bersama orang tua umumnya rentan mengalami PIU (Chandrima et al., 2020; Ding et al., 2017). Oleh karena itu, penelitian ini meneliti tentang pengaruh distres psikologis terhadap PIU pada mahasiswa yang tinggal sendiri. Penelitian kuantitatif non-eksperimen ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode convenience sampling/incidental sampling yang menggunakan alat ukur Kessler Psychological Distress Scale (K10) dan Internet Addiction Test (IAT). Partisipan yang terkumpul dalam penelitian ini adalah 176 mahasiswa di Indonesia yang tinggal sendiri. Yang kemudian 95 partisipan distres rendah dan PIU normal dikecualikan dari data sehingga menyisakan 81 partisipan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh distres terhadap PIU pada mahasiswa yang tinggal sendiri sekitar 72.8% sedangkan 27.2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kedua variabel juga memiliki hubungan signifikan dan positif antara distres dan PIU
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNTAR yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan
References
Alhassan, E. O., Ebirim, N. J., Ajayi, O. H, & Akwash, F. B. A. (2020). Asessment of internet addiction and psychological distress among secondary students in abuja municipal area council. African Journal for The Psychological Study of Social Issues, 23(2).
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). United States.
Anand, N., Cherian, A. V., Thomas, C., Thomas, C., Vasuki, P., & Young, K. (2018a). Internet use behaviors, internet addiction and psychological distress among medical college students: A multi centre study from South India. Asian Journal of Psychiatry, 37, 71-77.
Anand, N., Prabhu, S., Thomas, C., Bhat, A., Prathyusha, P. V., Bhat, S. V., Young, K., & Cherian, A. V. (2018b). Prevalence of excessive internet use and its association with psychological distress among university student in South Indoa. Industrial Psychiatry Journal, 27(1), 131–140.
Anand, N., Sharma, M. K., & Marimuthu, P. (2021). Problematic internet use and its association with psychological stress among adolescents. Indian Journal of Social Psychiatry, 37(3), 269-274.
Andrews, G., & Slade, T. (2001). Interpreting scores on the kessler psychological distress scale (K10). Australian and New Zealand journal of public health, 25(6), 494–497.
Ansari, F. H., Ismail, M. A. A., Yusoff, M. S. B., & Fadzil, N. A. (2022). Prevalence of internet addiction and its relationship with psychological distress among medical students in a Malaysian public university. Education in Medicine Journal.
Balhara, Y. P. S., Mahapatra, A., Sharma, P., & Bhargava, R. (2018). Problematic internet use among students in South-East Asia: Current state of evidence. Indian Journal of Public Health, 62(3), 197-210.
Chandrima, R. M., Kircaburun, K., Kabir, H., Riaz, B. K., Kuss, D. J., Griffiths, M. D., & Mamun, M. A. (2020). Adolescent problematic internet use and parental mediation: A Bangladeshi structured interview study. Addictive Behaviors Reports, 12.
Condinata, F., Satiadarma, M. P., & Suyasa, P. T. Y. S. (2021). Psychological distress among emerging adults: A descriptive study. Tarumanagara International Conference on Medicine and Health.
Dewi, I. R. (2022, Juni 9). Data terbaru! Berapa pengguna internet Indonesia 2022?. CNBC Indonesia.
Ding, Q., Li, D., Zhou, Y., Dong, H., & Luo, J. (2017). Perceived parental monitoring and adolescent internet addiction: A moderated mediation model. Addictive Behaviors, 74, 48-54.
Jatmika, D. (2020). Hubungan antara psychological distress dan problematic internet use pada mahasiswa. Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora, 268-277.
Kemp, S. (2022, April 21). Digital 2022: April global statshot report. Data Reportal.
Mamun, M. A., Hossain, S., Siddique, A. B., Sikder, T., Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2019). Problematic internet use in Bangladeshi students: The role of socio-demographic factors, depression, anxiety, and stress. Asian Journal of Psychiatry, 44, 48-54.
Mirowsky, J., & Ross, C. E. (2003). Social causes of psychological distress (2nd ed.). Transaction Publishers.
Papalia, D. E., & Martorell, G. (2017). Experience human development (14th ed.). McGraw-Hill. New York.
Sharp, J., & Theiler, S. (2018). A review of psychological distress among university students: Pervasiveness, implications and potential points of intervention. International Journal for the Advancement of Counselling, 40(3), 193–212.
Siste, K., Hanafi, E., Lee, T. S., Christian, H., Adrian, Siswidiani, L. P., Limawan, A. P., Murtani, B. J., & Suwartono, C. (2020). The impact of physical distancing and associated facteors toward internet addiction among adults in Indonesia during COVID-19 pandemic: A nationwide web-based study. Frontiers in Psychiatry, 11.
Taha, P. H., Al-Dabbagh, S. M., & Esmael, B. M. S. (2022). Psychological distress among internet-addicted undergraduate university students in Duhok province-Iraq. The Arab Journal of Psychiatry, 33(1), 42-52.
Victoria State Government. (2021). What is problematic internet use?. Victoria State Government.