WORKSHOP REVIEW KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 DALAM RANGKA MEMPERSIAPKAN INFRASTRUKTUR AKADEMIK IMPLEMENTASI PROGRAM MBKM

Main Article Content

Lamto Widodo

Abstract

Amanat tentang program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) tertuang dalam Permendikbud No. 3 tahun 2020. Perguruan Tinggi wajib memfasilitasi pelaksanaan pemenuhan masa dan beban dalam proses Pembelajaran dengan cara; a. paling sedikit 4 (empat) semester dan paling lama 11 (sebelas) semester merupakan Pembelajaran di dalam Program Studi; b. 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) satuan kredit semester merupakan Pembelajaran di luar Program Studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan c. paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) satuan kredit semester di luar Universitas. Dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan program MBKM, Program Studi Sarjana (S1) di lingkungan Universitas Tarumanagara Jakarta (non Kedokteran) perlu melakukan review terhadap kurikulum operasionalnya. Workshop review kurikulum dilaksanakan oleh Lembaga Pembelajaran di bawah koordinasi dengan Wakil Rektor bidang Akademik. Pelaksanaan workshop dilaksanakan dalam beberapa tahap, mulai dari review peraturan perundangan terkait, review kurikulum Prodi yang sedang berlaku, sampai penyusunan format baru kurikulum MBKM. Workshop diikuti oleh 15 (lima belas) Program Studi S1 yang masing-masing diwakili oleh 2 (dua) orang wakil yaitu Ketua dan Sekretaris Program Studi. Hasil dari workshop ini berupa perubahan ketentuan SK Rektor tentang kurikulum yang berisi addendum kurikulum dengan memasukkan 8 (delapan) Program MBKM, berupa pilihan kegiatan belajar di luar prodi dalam satu kampus, maupun kegiatan di luar kampus. Program studi juga mempersiapkan kurikulum pendamping berupa mata kuliah pilihan, jika mahasiswa memilih tidak mengikuti program MBKM di luar Program Studi, atau karena sesuatu hal tidak dapat menempuh sks secara penuh di luar Program Studi. Kurikulum yang dimaksud siap untuk dilaksanakan mulai semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Article Details

Section
Articles