PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK UNTUK MEMBANGUN CITRA MEREK UMKM DI BELITUNG

Main Article Content

Mei Ie
Hetty Karunia Tunjungsari
Ariawan Gunadi
Anny Valentina
Atalya Fransiska
Septihani Michella Wijaya
Meymey Meymey
Michelle Chan
Azka Zukhrufa

Abstract

Peningkatan UMKM di Belitung yang terjadi sejak 2008 merupakan suatu pertanda yang perlu dibanggakan. Hal ini dapat dilihat dari PAD yang ikut meningkat serta munculnya berbagai macam variasi produk yang dapat dijual oleh UMKM, mulai dari makanan hingga kerajinan tangan pun ada. Namun peningkatan ini akan lebih baik lagi jika juga disertai peningkatan ilmu kewirausahaan. Salah satunya adalah pengetahuan terkait pemasaran produk melalui kemasan produk juga pemanfaatan media sosial. Kurangnya pengetahuan akan kewirausahaan dan kurang maksimalnya persiapan untuk proses adaptasi para pelaku UMKM terhadap perubahan teknologi yang terjadi, khususnya media sosial dapat berdampak pada jangkauan pasar yang tidak luas. Selain itu, kemasan produk yang menarik juga dapat meningkatkan nilai jual produk. Dan hal inilah yang menjadi permasalahan dan perlu diperbaiki. Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan mengadakan kegiatan PKM pendampingan kewirausahaan yang berfokus pada pendesainan kemasan dan juga desain pemasaran yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM melalui media sosial. Kegiatan berlangsung dengan beberapa tahap pelaksanaan, namun kegiatan utama dilaksankan pada 16 Desember 2021. Dihadiri dengan 100 UMKM yang berantusias untuk mengikuti kegiatan, akhirnya kegiatan pun berjalan dengan lancar. Juga tujuan yang sudah ditetapkan awalnya dapat tercapai. 

Article Details

Section
Articles