ENTREPRENEUR WEEK SEBAGAI WADAH KEGIATAN IMPLEMENTASI MODEL BISNIS MAHASISWA

Main Article Content

Lydiawati Soelaiman
Frangky Slamet
Keni Keni
Ida Puspitowati

Abstract

Pendidikan dan pengalaman berwirausaha merupakan perpaduan yang membantu keberhasilan wirausaha. Seorang wirausaha tidak dapat hanya mengandalkan pengalaman tanpa pendidikan berwirausaha ataupun hanya bermodalkan pendidikan tapi miskin pengalaman lapangan. Berdasarkan hal tersebut, maka sejak tahun 2010, Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah menawarkan konsentrasi kewirausahaan agar siap mencetak mahasiswa menjadi wirausaha ketika mereka lulus. Pada kurikulum kewirausahaan, mahasiswa dibekali dengan pendidikan kewirausahaan agar mampu menghasilkan konsep ide bisnis yang kreatif dan inovatif yang kemudian dikembangkan menjadi model bisnis yang layak dijalankan. Selanjutnya mahasiswa diwajibkan untuk mengimplementasikan rencana bisnis yang disusun menjadi sebuah prototype dalam sebuah ajang yang dinamakan “Entrepreneur Week”. Kegiatan Entrepreneur Week diadakan untuk mendukung pertumbuhan wirausaha di kalangan mahasiswa dengan memicu daya kreatifitas dan inovasi mereka. Pada kegiatan tersebut mahasiwa diwadahi pengalaman berwirausaha dengan memamerkan dan menjual produk dari bisnis yang akan dijalankan dan juga melakukan berbagai aktivitas sebagaimana layaknya seorang entrepreneur. Manfaat yang diharapakan dari kegaitan ini adalah mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam mempraktikkan bisnis sehingga kelak ketika lulus sudah dapat mempersiapkan diri secara lebih matang untuk memulai usaha. Entrepreneur Week dilaksanakan setiap semester dan sampai saat ini sudah berlangsung sebanyak 17 kali. Diharapkan dengan adanya penyelenggaraan kegiatan Entrepreneur Week maka lulusan sudah siap menjadi wirausaha muda. 

Article Details

Section
Articles