EDUKASI DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN MATA SEJAK DINI UNTUK MENGATASI PENINGKATAN KASUS MIOPIA PADA SISWA SMA DI JABODETABEK

Main Article Content

Karla Sasia
Fransisca Iriani Roesmala Dewi
Ferry Doringin
M. Wahyu Budiana

Abstract

Paper ini bertujuan untuk menggambarkan mengenai pentingnya edukasi dan intervensi untuk meningkatkan kesehatan mata terkait peningkatan kasus miopia pada siswa. Revolusi Industri 4.0 yang mendorong peningkatan penggunaan gadget serta pandemi Covid-19 telah mendorong siswa untuk menggunakan gadget secara lebih intens dengan durasi yang lebih panjang yang kemudian berdampak pada peningkatan kasus miopia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deteksi kasus miopia melalui wawancara ketika pemeriksaan pada pasien yang terdiri dari siswa-siswi di enam Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jabodetabek (Jakarta dan sekitarnya). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi dan pemeriksaan kesehatan mata sangat penting dilakukan kepada siswa-siswi karena peningkatan kasus miopia yang bisa mencapai 50% di setiap sekolah yang diteliti. Penelitian juga menggambarkan mengenai sejumlah asumsi atau mitos yang mempertinggi kasus miopia. Juga, miopia bisa diatasi apabila mereka yang terkait dengan kasus ini memiliki pengetahuan dan cara terkait penanganan yang efektif

Article Details

Section
Articles