PROGRAM MAGANG SECARA DARING SELAMA COVID-19: PENGALAMAN DAN PERSEPSI MAHASISWA DAN SUPERVISOR PERUSAHAAN

Main Article Content

Y. Johny Natu Prihanto

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan berbagai perubahan termasuk di dalamnya perubahan bekerja remote dan perkuliahan daring. Perubahan ini berdampak pada program magang. Studi mengenai kuliah magang lebih banyak fokus pada persepsi dari sisi mahasiswa. Studi dari aspek industri (supervisor) penyedia kesempatan program magang masih sangat kurang. Dua pertanyaan diajukan dalam studi ini: bagaimana pengalaman kerja industrial mahasiswa (magang) benar-benar melengkapi mahasiswa untuk dunia kerja riil? Apakah skema program magang benar-benar mendukung kesiapan mahasiswa memasuki pasar tenaga kerja? Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi desain program magang universitas dan menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja di era revolusi industri ke empat. Studi ini menggunakan desain cross-sectional dengan sampel mahasiswa S1 dan supervisor di tempat mereka magang. Suvey dilakukan dengan menggunakan pertanyaan terbuka tentang berbagai aspek pengalaman magang. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan metode analisis tematik. Temuan: COVID-19 telah mendisrupsi program magang secara signifikan, yaitu terjadinya pengurangan tawaran tempat dan bidang magang. Tetapi Supervisor dan peserta magang melaporkan hasil memuaskan dan terdapat pembelajaran seperti peningkatan ketrampilan teknis dan soft skill meskipun magang dilakukan dari jarak jauh (remote). Rekomendasi: kuliah magang tetap harus dilaksanakan dengan keterlibatan penuh pihak Universitas, Mahasiswa dan dunia industri dengan desain program yang lebih baik. 

Article Details

Section
Articles