VIRTUAL ENGAGEMENT: MAMPUKAH MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN?

Main Article Content

Yasinta Indrianti
Sasmoko Sasmoko

Abstract

Kualitas guru dalam proses pembelajaran merupakan tolok ukur kualitas penyelenggaraan pendidikan terutama saat pandemic Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terutama bagi dunia pendidikan. Perubahan model dan metode pembelajaran telah memunculkan berbagai isu dan diskusi terkait kualitas proses pembelajaran yang sebagian besar dilakukan secara online. Virtual engagement dalam penelitian ini merupakan sebuah konsep yang bersumber dari konteks relasional di mana setiap guru terhubung dengan jaringan sosial, informasi, dan sumber daya yang berkaitan dengan teknologi informasi sehingga berpengaruh pada perubahan, kreatifitas, dan komitmen terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini merupakan studi literature review yang bertujuan untuk melihat peran virtual engagement seorang guru apakah mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran? Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari berbagai kajian tentang teori engagement, virtual engagement dirasa mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran karena didalamnya ada peran berbagai aspek psikologis maupun pendidikan yang mampu meningkatkan kualitas guru secara personal maupun interpersonal. 

Article Details

Section
Articles