Penerapan Material Hygiene pada Workstation Kantor Zalora di Era “New Normal”
Studi Kasus: Perancangan workstation pada kantor PT. Fashion Eservice (ZALORA), DKI Jakarta)
Kata Kunci:
Furniture, Workstation, Hygiene, AntibacterialAbstrak
Masalah kebersihan, seringkali menjadi akar permasalahan di masa kini. Kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan memberikan dampak buruk bagi setiap orang. Hal ini dapat menyebabkan turunya kinerja saat berativitas bahkan dapat mengancam kesehatan pengguna. PT. Eservice Indonesia atau yang lebih dikenal ZALORA merupakan perusahaan platform fashion e-commerce yang memiliki cabang di Indonesia yaitu di daerah Jakarta Barat. Untuk meningkatkan peran serta pelayanan kantor ZALORA diperlukan sarana dan prasarana yang selain memberikan kenyamanan juga dapat memberikan rasa aman bagi penggunanya, khususnya dalam kebersihan workstation. Hal ini
dilakukan dengan mengaplikasikan material hygiene dalam perancangan workstation kantor ZALORA. Perancangan ini
menerapkan metode perancangan Rosmary Kilmer yang terdiri dari commit, state, collect, analyze, ideate, choose, implement, dan evaluate. Adapun metode pengambilan data dalam perancangan dilakukan dengan studi secara online. Hasil perancangan menunjukan bahwa material hygiene seperti linoneun dan solid surface diperlukan untuk menurunkan resiko kurangnya kebersiahan pada area kerja dan meminimalisir dampak buruk terhadap kesehatan pengguna.
Referensi
Kasnelly, F. A. J. S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Ditengah
Pandemi (Covid-19). Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 45–60.
Kilmer, R., & Kilmer, W. O. (2014).
Designing Interiors. Wiley. https://books.google.co.id/books?id=
fdUVAwAAQBAJ
Mardiyah1, R. A., & Nurwati, R. N. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap peningkatan angka pengangguran di Indonesia.
Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126–150.
Pramesti, K. D. (2018). Loyalitas Customer Dalam Mobile Commerce Zalora.
Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(1), 26–36.
Setiawan, H. C. B. (n.d.). Redesign Bisnis Pasca Pandemi Covid-19: Prespektif
UMKM, BUMDes & Usaha Ekonomi Pesantren. Mukmin Publishing.
Silalahi, A. (2020). Perubahan pola hidup pada situasi covid-19 adaptasi pada
pola hidup normal baru. Researchgate. Net.