Pengaruh Produktivitas Kerja Kantor Terhadap Normal/ Aturan Baru pada Era New Normal

Penulis

  • Arlen Giovani Universitas Tarumanagara
  • Ferdinand Universitas Tarumanagara

Kata Kunci:

Comfort, Durability, Distance, Healthy, Material, Productivity, Safety, Update

Abstrak

COVID-19 telah membuktikan bahwa banyak perusahaan dapat bekerja dari rumah tetapi juga menggaris bawahi perlunya ruang kantor fisik. Direktur statistic kependudukan dan ketenagakerjaan BPS Nurma Midayanti mengatakan 82.55% perusahaan mengalami penurunan sebab berdampak pada produktivitas. Sehinngga permasalahan tersebut berdampak pada mental dan semangat kerja yang menurun akibat tingkat produktivitas kerja tidak stabil akibat pandemi saat ini. Dampak dari penurunan produktivitas tersebut diantaranya seperti, material, jarak, durability, sehingga hal tersebut menjadi tujuan untuk mengatasi terkait produktivitas kerja. Dimana tujuan dari perancangan workstation dimasa pandemi ini bertujuan untuk mengubah/update desain workstation yang bergaya baru dan sesuai dengan permasalahan yang ada sehingga sangat mendukung jangka panjang nanti. Dengan metode perancangan yang mementingkan berbagai aspek healthty, safety, dan comfort bisa mewujudkan sebuah hasil perancangan workstation yang sesuai sesuai dan bisa mengatasi isu yang
diangkat ini. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, dengan menghasilkan sebuah desain/rancangan workstation yang tepat dan sesuai maka kesejahteraan, dan produktivitas dari pengguna akan bertambah.

Referensi

Planing study. Post covid-19, NewYork NY 10017

Brian, lee (2020). Workstation will bost your productivity. https://www.gensler.com/uploads/doment/337/file/2013_US_Workplace_Survey_07_15_2013.pdf

Agung Minto Wahyu., Mochammad Sa’id. (2020). Jurnal Kependudukan Indonesia | Edisi

Khusus demografi dan covid-19, 53-60

productivity during work from home: a social psychological analysis

Panero, Julius, Martin Zelnik, Djoelina kurniawan. (2003). Human dimension &

interior spaces Hertanto H, (2000) Analisis Produktivitas Kerja Kajian Implikasi Budaya Perusahaan : Kasus PT Bank BNI 46 Cabang Undip.

Anoraga, Pandji. (1998). Psikologi Kerja. Rineka Cipta, Jakarta

Asnar, Zaid Habibi, (2013). Pengaruh Tata ruang Kantor terhadap Produktivitas Kerja

Pegawai di Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi

Negara (PKP2A III LAN) Samarinda. eJournal

Ilmu Pemerintahan, 2013, 1 (4) : 1488- 1500, diakses di ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id pada

16 Mei 2014.

Leaman, A. (1995). Dissatisfaction and office productivity. Journal of Facilities

Management, 13(2), 3-19.

Pancorowati, Mutiara Hadi. (2012). Pengaruh Tata Ruang Kantor terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi pada Karyawan Front Office di Seluruh Kantor Unit Binaan PT

Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cang Jemursari Surabaya). Skripsi Fakultas Ekonomi, UNESA, Kampus Ketintang Surabaya

Puswiartika, Dhevy. (2008). Peran Ergonomi dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja (RAGAM). Jurnal Pengembangan Humaniora. Vol. 8. No. 1.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-17