21. Pengaruh Pemilihan Warna Cat Dinding pada Ruang Belajar dalam Meningkatkan Niat Belajar Anak

Studi Kasus Yayasan CYD, Tangerang

Penulis

  • Lovilia Tantona Universitas Tarumanagara
  • Anastasia Cinthya Gani Universitas Tarumanagara

Kata Kunci:

Anak, Interior, Ruang Belajar, Warna

Abstrak

Pada anak dalam masa pertumbuhan memiliki perkembangan serta kemajuan fisik, intelektual, sosial, maupun emosional yang sangat cepat. Sehingga, pada masa-masa inilah merupakan masa bagi anak-anak untuk dapat bertumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal utama yang dapat mendukung pertumbuhan anak dapat dimulai dari mendesain lingkungan tempat anak-anak belajar. Ruang belajar merupakan tempat bagi anak untuk belajar, bermain, serta bersosialisasi sehingga ruangan ini harus di desain dengan memperhatikan pengaruh pemilihan warna pada interior ruang dengan psikologi anak. Warna sendiri memiliki arti yang sangat penting dalam
mempengaruhi psikologis. Dalam kasus ini, penulis akan membahas renovasi serta pembangunan proyek lantai 3 Yayasan CYD, Tangerang yang akan digunakan sebagai ruang belajar anak dan bagaimana pemilihan warna interior dapat meningkatkan niat belajar anak. Menurut psikologi warna, warna yang cocok digunakan pada area ruang belajar anak adalah warna-warna terang, netral, serta fleksibel yang dapat menstimulasi anak untuk semangat dalam belajar. Selain itu, warna-warna tersebut bisa membuat ruangan menjadi nyaman, menyenangkan, serta dapat memfokuskan pikiran anak pada saat belajar. Pada proyek ini, ruangan akan diberi gambar mural yang bertema natural dan menggunakan warna-warna cerah pada interiornya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-17