Perancangan Ulang Identitas Visual Pemangkas Rambut Ko Tang

Main Article Content

Hendono Sorick
Trihadi Wahyudi
Retno Widya Hapsari

Abstract

Abstrak Pangkas rambut sekarang ini bukan lagi menjadi kebutuhan namun berubah menjadi gaya hidup. Para pria tidak lagi hanya memotong rambutnya namun juga menikmati fasilitas lain yang dimiliki oleh tempat pangkas rambut tersebut. Ko Tang merupakan tempat pangkas rambut tertua di daerah Glodok yang memiliki keunikan keahlian beragam yang ditawarkan. Namun identitas visual Ko Tang tidak memiliki identitas visual yang jelas. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang identitas visual Tempat Pemangkas Rambut Ko Tang yang baru, dimana identitas visual tersebut mengacuh pada brand cue yang ada sehingga kesan yang timbul tidak melenceng jauh dari identitas visual yang sudah ada. Metode penelitian yang diterapkan adalah pengumpulan data secara kualitatif yaitu dengan mewawancarai langsung target sasaran dan serta narasumber, studi literatur buku maupun internet. Hasil yang dicapai adalah perancangan ulang identitas visual tempat Pemangkas Rambut Ko Tang dengan pendekatan gaya pecinan tahun 1930 an. Konten yang dibuat rata-rata menggunakan Bahasa Indonesia ejaan lama. Warna dominan yang dipakai adalah merah, hitam dan krem, beserta warna – warna sekunder lainnya. Pendekatan image yang dipakai menggunakan ilustrasi semi realism. Diharapkan Identitas visual yang baru menjadi solusi bagi pemangkas rambut Ko Tang agar Pemangkas Rambut Ko Tang dapat beradaptasi dengan perkembangan jaman.

Kata kunci: Pemangkas Rambut Ko Tang, tempat pangkas rambut, identitas visual

Article Details

Section
Articles