Perancangan Ulang Identitas Visual Sayurbox

Main Article Content

Cristy Febrianty Gautama
Jayanto Ginon Warjoyo
Budianto Leoputra

Abstract

Abstrak Perluasan jangkauan internet di Indonesia yang berkembang pesat mempengaruhi trend berbelanja konsumen terutama yang berada di usia 25-38 tahun. Melalui beragam platform e-commerce konsumen dapat memperoleh beragam produk yang relevan dengan kehidupan sehari-hari seperti produk buah dan sayuran segar. Salah satu platform yang menawarkan produk segar ini adalah Sayurbox yang muncul di tahun 2016. Sebagai brand yang masih dianggap baru, seringkali target pasarnya salah mengartikan produk-produk yang ditawarkan. Rendahnya brand recognition dan persaingan yang cukup besar dari kompetitor dikhawatirkan berdampak negatif terhadap Sayurbox. Melalui data kuantitatif yang diperoleh, sebagian besar target pasar cenderung lebih memiliki brand kompetitor sebagai brand yang memiliki visual identity yang lebih terpercaya. Dengan identity visual rebranding diharapkan dapat memberikan kesan yang segar dan terpercaya serta meningkatkan brand recognition dari Sayurbox. Perancangan ini sendiri dimulai dengan pengumpulan data kuantitatif (riset), studi teoritis serta melalui observasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam proses penyusunan konsep melalui mindmapping dan proses eksekusi desain perancangan identitas visual Sayurbox. Tahap eksekusi sendiri dilakukan secara digital yang terdiri dari logo, graphic standard manual (GSM), warna identitas, dan media pendukung lainnya seperti booth, packaging, media promosi, dll. 

Kata kunci:brand recognition, perancangan visual, e-commerce, Sayurbox

Article Details

Section
Articles