Rebranding Kopi Krampoel untuk Meningkatkan Popularitasnya di Kalangan Generasi Z

Main Article Content

Paguita Visabel Anthonia
Iwan Zahar
Dahlia Zinnia Nizar

Abstract

Abstrak Rebranding dapat membantu brand lebih mencapai khalayak sasar-an dan menarik perhatian mereka. Kopi Krampoel, sebuah kedai kopi dengan filosofi “kopi otentik Indonesia tidak selalu pahit” memiliki identitas visual yang kurang cocok dengan selera pasar. Oleh karena itu, diperlukan rebranding yang lebih memperkuat konsep dan filosofi brand dengan tampilan yang lebih memenuhi selera target utama Kopi Krampoel, yaitu generasi Z sehingga menjadi lebih populer. Metode perancangan menggunakan 5 Step of Design dari Robin Landa. Hasil dari perancangan ini adalah tampilan logo yang memiliki unsur cair dengan kombinasi warna yang menyimbolkan budaya Sunda yaitu coklat kopi (#47271f), merah bata (#aa4026) sebagai dasar logo, logotype berwarna putih gading (#ecdfbb), dan sedikit aksen biru laut (#1a4a78) melewati bagian tengah logo. Logo berbentuk bulat dengan dimensi standar 9x9 cm. Typeface yang digunakan adalah Quartzo tanpa modifikasi, ukuran font “Kopi” berukuran 36 pt dan “Krampoel” berukuran 30 pt. Logo dibuat relatif berbeda dengan logo bisnis sejenis di pasaran agar lebih mencolok dan menarik perhatian.

 

Kata Kunci : Brand, Identitas visual, Kopi Kamproel. Rebranding

Article Details

Section
Articles