Ilustrasi Merchandise Memanfaatkan Fenomena K-Pop Di Indonesia

Ariella Chrestella

Abstract


Fenomena K-Pop merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang semakin modern sehingga penyebaran budaya K-Pop dapat meluas ke seluruh dunia hingga menjadi sebuah globalisasi budaya. Kemajuan teknologi dan informasi mendorong era globalisasi dimana meningkat ketertarikan dan ketergantungan antar komunitas maupun individu yang mendorong peningkatan budaya asing khususnya budaya Korea di Indonesia. Indonesia sendiri saat ini sedang mengalami tren dunia hiburan yang berkiblat pada dunia hiburan Korea Selatan yaitu bidang industri musik. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Gelombang Korea (Korean Wave) yang sudah tidak asing di seluruh dunia saat ini. Korean Wave mulai meledak di dunia media seluruh dunia yang membawa efek tersendiri untuk para penggemarnya. Kepopuleran K-Pop sendiri bahkan dijadikan sebagai “bisnis” oleh para pedagang dan pecinta K-Pop di Indonesia baik di bidang fashion maupun industrial yang dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Penelitian ini berusaha untuk memberikan rekomendasi ilustrasi merchandise K-Pop dengan tema grup musik K-Pop yang digemari oleh remaja usia 15 sampai 25 tahun.

Kata kunci: bisnis, Ilustrasi, korean wave, k-pop, merchandise.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24912/rupaka.v1i1.2934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.