Perancangan Visual Kampanye Sosial “Cegah Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga”
Main Article Content
Abstract
Kekerasan dalam rumah tangga merupakan sesuatu perbuatan yang dilakukan terhadap seseorang terutama kepada perempuan, yang mengakibatkan timbul dan adanya kesengsaraan, penderitaan secara fisik ataupun psikis lingkup rumah tangga. Namun pengetahuan tentang kekerasan dalam rumah tangga masih kurang di masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan perancangan kampanye sosial untuk dapat menyampaikan aspirasinya. Metode perancangan menggunakan pendekatan 5A yaitu, Aware, Appeal, Ask, Action, dan Advocate. Hasil perancangan berupa poster dengan media pendukung Instagram, website, dan video dengan tujuan untuk membantu korban agar lebih berani dan juga mengedukasi tentang kekerasan tersebut.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bali, T. Y.-L. (2011). Buku Panduan Mediator KDRT(KDRT dan Peran Mediator) (1st ed.). YLBHI-Yayasan Bantuan Hukum Bali. https://ylbhi.or.id/no-access/download-id/5936/
CATAHU 2020 Komnas Perempuan. (2021). Lembar Fakta dan Poin Kunci Catatan Tahunan Komnas Perempuan Tahun 2020. https://komnasperempuan.go.id/siaran-pers-detail/catahu-2020-komnas-perempuan-lembar-fakta-dan-poin-kunci-5-maret-2021
Chandra, E., & Widya Mutiara, M. (2022). DAMPAK STIMULUS-RESPON KONSUMEN TERHADAP MARAKNYA GAYA VISUAL IKLAN FLEXING PRODUK BINOMO BUDI SETIAWAN. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/pserina.v2i1.19622
Garett, R., Chiu, J., Zhang, L., & Young, S. D. (2016). A literature review: website design and user engagement. Online Journal of Communication and Media Technologies, 6(3), 1.
Harlim, T., & Chandra, E. (2020). Perancangan Kampanye Sosial untuk Mencegah Kanker Serviks dengan Vaksinasi HPV. Rupaka, 2(2).
Leaver, T., Highfield, T., & Abidin, C. (2020). Instagram: Visual social media cultures. John Wiley & Sons.
Rustan, S. (2013). Layout. Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, S. (2002). Pengaruh Tipe Dan Bentuk Huruf Terhadap Kecepatan Membaca.
Wardhani, A. (2020). Identifying consumer review through web design and online advertisement in online shop. International Journal of Data and Network Science, 4(3), 289–296.
Zuharah, L. A. Z. L. A., & Tunggali, A. A. P. P. W. (2022). M Motives For Using Reels Instagram Social Media Among Children. COMMICAST, 3(3), 259–265.