Perancangan Board Game Sejarah Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Meiliana Oktaviani
Sherissa Bonifacia
Ruby Chrissandy
Ari Dina Krestiawan

Abstract

Viralnya video social experiment anak-anak menebak tokoh sejarah menunjukkan kurangnya minat mereka akan sejarah negaranya sendiri. Hal ini didorong metode pembelajaran sekolah yang minim, dengan buku maupun ceramah guru. Board game dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang interaktif dan tidak banyak board game yang mengangkat tema sejarah. Maka penulis memilih untuk merancang board game “Sadajiwa: Selamanya untuk Indonesia” sebagai media belajar sejarah kemerdekaan Indonesia untuk anak-anak kelas tinggi. Perancangan board game ini dibuat melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara agar tujuan perancangan dapat terpenuhi yaitu board game dengan tema sejarah kemerdekaan Indonesia untuk meningkatkan minat anak kelas tinggi terhadap sejarah Indonesia. Hasil perancangan berupa board game bergenre role playing dan strategi berbasis kartu, dengan ilustrasi digital dengan gaya kartun.

Article Details

Section
Articles

References

Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Masalah yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan, III(2).

Ayuningtyas. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dzulfaroh, A. N. (2020, November 20). Kompas.com. Diambil kembali dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/20/123000465/ramai-video-social-experiment-tunjukkan-lemahnya-wawasan-kebangsaan-pada?page=all

Gischa, S. (2020, Juli 20). Kompas. Dipetik Agustus 18, 2021, dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/07/20/162204469/manfaat-sejarah-intrinsik-dan-ekstrinsik

Guru Pengajar. (t.thn.). Diambil kembali dari https://gurupengajar.com/karakteristik-siswa-sd.html

Kapp, K. (2012). The Gamification of Learning and Instruction. San Fransisco: Pfeiffer.

Miller, R. (2017, Maret 18). BBC Indonesia. Diambil kembali dari BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-39302916

Munir, M. (2018). Filsafat Sejarah. Yogyakarta: UGM Press.

Simbolon, N. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Journal PGSD FIP UNIMED, 19.

Suharyanto, A. (t.thn.). DosenPsikologi.com. Diambil kembali dari https://dosenpsikologi.com/tahap-perkembangan-intelektual-pada-anak