Ilustrasi Pada Buku Ensiklopedia Flora Indonesia Untuk Anak-Anak Usia 6-8 Tahun

Main Article Content

Jessica Pieter
Pindi Setiawan
Budi Darmo

Abstract

Posisi Indonesia yang berada di wilayah tropis menjadi salah satu alasan Indonesia menjadi bangsa yang kaya akan sumber daya alam hayati, termasuk keragaman floranya. Dewasa ini, kekayaan keragaman hayati yang tersedia mengalami penyusutan dengan sangat pesat, sehingga tidak banyak anak-anak yang masih mengenali atau mengetahui flora asli Indonesia. Edukasi mengenai flora di Indonesia sejak dini sangat perlu dan sangat penting. Kepedulian itu dibangun sejak usia dini agar dalam proses tumbuh kembangnya, anak-anak sudah cukup akrab dengan seluk beluk tumbuhan. Sehingga saat remaja atau dewasa, sudah tertanam pengetahuan dasar dan kepedulian terhadap pelestarian tumbuhan Indonesia. Sebelumnya perancangan ensiklopedia yang sudah ada hanya menerapkan fotografi sebagai informasi, sehingga perlu diubah dengan cara menerapkan ilustrasi yang lucu pada buku agar terlihat lebih menarik untuk dibaca oleh anak-anak. Tujuan dari perancangan ensiklopedia bergambar flora Indonesia adalah untuk memperkenalkan flora di Indonesia dengan ilustrasi yang unik dan lucu kepada anak-anak berusia 6-8 tahun.

Article Details

Section
Articles

References

Kusmana, C. 2015. Keanekaragaman Hayati Flora di Indonesia. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 5(2), 187-198.

Leksono, Amien. S. (2010). Keanekaragaman Hayati. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Leunufna, S. (2007). Kriopreservasi untuk Konservasi Plasma Nutfah Tanaman: Peluang Pemanfaatannya di Indonesia. Jurnal AgroBiogen 3(2), 80-88.

Sugijanto. (2008). Pusat Kurikulum Perbukuan Depdiknas. Jakarta: Puskurbuk Balitbang Kemdikbud.