Perancangan Papan Permainan Menuju Indonesia Merdeka Sebagai Media Pembelajaran Sejarah

Main Article Content

Euolia Yessie
Tri Hadi Wahyudi

Abstract

Pentingnya pendidikan Sejarah Indonesia sangat berpengaruh kepada perkembangan moral dan sifat generasi muda bangsa Indonesia. Berdasarkan observasi, mayoritas anak–anak Sekolah Dasar kurang meminati dan memahami mata pelajaran Sejarah di sekolah yang hanya menggunakan metode ceramah dan kerja kelompok. Untuk meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Sejarah Indonesia dibutuhkan media pembelajaran baru. Media pembelajaran baru yang dinilai cocok untuk siswa SD usia 10-11 tahun adalah media boardgame. Hasil akhir dari perancangan ini adalah permainan boardgame dengan kartu sebagai media pembantunya yang dibuat untuk permainan berkelompok 4-5 pemain, berbasis kolaborasi untuk meningkatkan kerja sama antar siswa. Papan permainan ini akan digunakan sebagai bahan ajar siswa SD kelas V dalam kelas dengan estimasi waktu permainan 45 menit sesuai dengan jam pelajaran yang telah dijadwalkan sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Beetlestone, F. (2013). Creative Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Melesatkan Kreativitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Fauzia, R.R. (2014). Cara Belajar Anak Usia Dini diakses pada 11 Januari 2020 dari https://www.kompasiana.com/ridharf/54f81a45a33311b3618b4a3e/carabelajar-anak-usia-dini

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita. 22(1): 87-88.

Landa, Robin. 2011. Graphic Design Solutions 4th edition (hal. 77-95). Boston. C Clark Baxter Publishers.

Yusuf, Y. dan Auliya, U. (2011). Sirkuit Pintar: Melejitkan Kemampuan Matematika & Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga. Jakarta: Visi Media Pustaka.