Perancangan Komunikasi Visual untuk Sosialisasi Nomor Telpon Jakarta Siaga 112

Main Article Content

Sean Axel
Ariani Kusumo Wardhani
Mariati Mariati

Abstract

Pada tahun 2016, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan layanan Jakarta Siaga 112 yang merupakan nomor siaga bencana. Layanan ini berfungsi untuk menangani kondisi darurat yang dilaporkan oleh masyarakat. Meskipun tingkat pengetahuan mengenai layanan Jakarta Siaga 112 ini cukup tinggi, nyatanya masih banyak masyarakat yang masih tidak mengetahui fungsi sepenuhnya dari layanan Jakarta Siaga 112. Oleh karena itu, dibutuhkan kampanye sosialiasi Jakarta Siaga 112 untuk mengedukasi masyarkat mengenai fungsi layanan dengan menggunakan the right brain strategy. Cara penyampaian pesan menggunakan pendekatan emosional dengan elemen visual yang menunjukkan bahwa pemakaian layanan adalah keputusan yang tepat (exemplary tory) saat terjadi kejadian darurat. Dengan mengikuti kampanye ini, maka target akan diedukasi mengenai layanan Jakarta Siaga 112 serta dapat menghubungi layanan saat terjadi kejadian darurat.

Article Details

Section
Articles

References

Badan Penangulanggan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta. (n.d). Profil BPBD. Diambil dari https://bpbd.jakarta. go.id/profile

Herawati, Erni (2018), Penanggulangan Bencana yang Melibatkan Partisipasi Masyarakat, https://businesslaw.binus. ac.id/2018/12/31/penanggulangan-bencana-yang-melibatkan-partisipasi-masyarakat/

Itah, Isral (2019), Telepon Iseng ke Nomor Darurat Jakarta 112 Capai 30 Persen, Jumat 12 Jul 2019 19:04 WIB,

https://www.republika.co.id/berita/puj2uq348/telepon-iseng-ke-nomor-darurat-jakarta-112-capai-30-persen

Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. (n.d). Kampanye. Diambil dari https:// kbbi. kemdikbud.go.id /entri/kampanye

Puspita, Ratna. (2019). Jakarta Siaga 112 Tangani Laporan dalam Waktu 30 Detik, https://nasional.republika.co.id/berita/ puju7a428/jakarta-siaga-112-tangani-laporan-dalam-waktu-30-detik