Perancangan Media Promosi untuk Sebuah Fasilitas Gokart di DKI Jakarta

Main Article Content

Joshua Ignatius
Iwan Zahar
Jayanto Ginon Warjoyo

Abstract

Fasilitas Gokart LK PTC yang berdiri di Cakung, Jakarta Timur, merupakan fasilitas outdoor Karting terakhir yang masih berdiri di Jakarta. Namun perancangan media promosi milik organisasi utamanya, yang ditujukan untuk meningkatkan pengenalan masyarakat akan keberadaan fasilitas itu tidak efektif. Hal ini mempengaruhi keberlangsungan fasilitas tersebut. Perancangan media promosi ini dilakukan sebagai jalan keluar bagi permasalahan tersebut. Metode yang dilakukan dalam perancangan ini adalah metode kuesioner kepada kalangan penggemar otomotif, penggemar olahraga balap, dan juga kepada orang-orang biasa, lalu observasi ke fasilitas-fasilitas gokart, dan wawancara kepada pengurus fasilitas. Dari pengumpulan data kemudian dianalisis dan dirumuskan konsep visual dan perancangan atau visualisasinya. Hasil dari perancangan ini adalah dibentuknya akun media sosial baru yang dikhususkan bagi LK PTC dan juga desain promosi digital yang lebih teratur dan rapi. Desain baru ini dibuat dengan konsep warna yang spesifik, dengan gaya yang lebih mudah dikenali. Selain itu juga dibuat media pendukung lainnya guna menunjang awareness target sasaran terhadap fasilitas gokart LK PTC.

  

Fasilitas Gokart LK PTC yang berdiri di Cakung, Jakarta Timur, merupakan fasilitas outdoor Karting terakhir yang masih berdiri di Jakarta. Namun perancangan media promosi milik organisasi utamanya, yang ditujukan untuk meningkatkan pengenalan masyarakat akan keberadaan fasilitas itu tidak efektif. Hal ini mempengaruhi keberlangsungan fasilitas tersebut. Perancangan media promosi ini dilakukan sebagai jalan keluar bagi permasalahan tersebut. Metode yang dilakukan dalam perancangan ini adalah metode kuesioner kepada kalangan penggemar otomotif, penggemar olahraga balap, dan juga kepada orang-orang biasa, lalu observasi ke fasilitas-fasilitas gokart, dan wawancara kepada pengurus fasilitas. Dari pengumpulan data kemudian dianalisis dan dirumuskan konsep visual dan perancangan atau visualisasinya. Hasil dari perancangan ini adalah dibentuknya akun media sosial baru yang dikhususkan bagi LK PTC dan juga desain promosi digital yang lebih teratur dan rapi. Desain baru ini dibuat dengan konsep warna yang spesifik, dengan gaya yang lebih mudah dikenali. Selain itu juga dibuat media pendukung lainnya guna menunjang awareness target sasaran terhadap fasilitas gokart LK PTC.

Article Details

Section
Articles

References

Peraturan Karting Ikatan Motor Indonesia http://cms.imi.co.id/media/file/2020/02/07/PERATURAN--KARTING-IMI-2020_compressed.pdf

Ambrose and Harris. (2010). Basic Design DESIGN THINKING Eight Edition. London: AVA Publishing.

Landa, Robin. (2014). Graphic Design Solutions. Boston: Cengage Learning.