Perancangan Visual Promosi Podcast Dongeng Nusantara

Main Article Content

Bianca Austinz Hidayat
Kurnia Setiawan
Mariati Mariati

Abstract

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki ratusan hingga ribuan budaya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Budaya Indonesia sendiri memliki berbagai macam bentuk salah satu nya adalah dongeng. ATSANTI adalah sebuah yayasan yang berjuang untuk tetap melestarikan budaya Indonesia yang telah mulai hilang di zaman sekarang. Masyarakat Jakarta, terutama orang tua yang mengenal dongeng sebagai sebuah bacaan yang telah ketinggalan zaman. ATSANTI  mencoba untuk memperkenalkan dongeng kembali dengan cara yang lebih modern yaitu melalui Podcast Spotify  dengan program yang bernama “Podcast Dongeng ATSANTI”. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai buku, internet, karya tulis, observasi, serta wawancara dengan narasumber dari Yayasan ATSANTI. Landasan teori yang digunakan berdasarkan teori komunikasi, teori promosi, teori desain, teori warna, dan teori podcast. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa “Podcast Dongeng ATSANTI” telah melakukan berbagai upaya dalam menyebarluaskan program podcast walaupun cara yang masih terbilang old school (person to person). ATSANTI membutuhkan perancangan desain komunikasi visual promosi yang dapat meningkatkan awareness masyarakat khususnya orang tua dengan rentang usia 35 – 45 tahun yang memiliki anak berusia di bawah 5 tahun agar dapat mudah diingat dan dapat menyebarluaskan visi dan misi ATSANTI dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia. 

 

Article Details

Section
Articles

References

Landa, R. (2010). Advertising By Design. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Barry, P. (2009). The Advertising Concept Book: Think Now Design Later. United Kingdom: Thames & Hudson Ltd.

Putra, Ricky W. Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan.

Yogyakarta: ANDI.

Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Meisyanti dan Harkandi Kencana, W. “PLATFORM DIGITAL SIARAN SUARA BERBASIS ON DEMAND.” Commed: Jurnal Komunikasi dan Media 4, no. 2 (2020): 191.

Rustan, S. (2014). Font dan Tipografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dameria, A. (2007). Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer & Industri Grafika. Jakarta: Link & Match Graphic.

Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika. Desain. 13 (01). 20-25.

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3868276/pengertian-budaya-menurut-para-ahli-jangan-keliru-memaknainya

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-dongeng/

https://nasional.sindonews.com/read/261398/18/ketika-ibu-tidak-lagi-mendongeng-untuk-anaknya-1607440364/10