Perancangan Visual Media Promosi Acara Bertema Kesetaraan Gender Dalam Rangka Pengajuan Khazanah Arsip Kepada Memory of The World UNESCO

Main Article Content

Khansa Fitrinafia
Kurnia Setiawan
Mariati Mariati

Abstract

AbstrakHingga saat ini tokoh wanita masih belum menduduki tempat yang seharusnya dalam kedudukan dalam sejarah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan  data bahwa hanya 7,8% dari Pahlawan Nasional adalah wanita. Secara faktual, peranan wanita dalam sejarah Indonesia belum terekspos selayaknya. Banyak alasan yang melatarbelakangi keadaan tersebut.  UNESCO sebagai salah satu organisasi internasional, saat ini memiliki proyek “Gender Equality” dalam salah satu program “Global Priorities” yang mendorong semua negara untuk mengajukan arsip atau naskah yang bertema gender untuk dipreservasi di World Heritage. Memory of the World UNESCO Indonesia bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk mepublikasi acara pameran “Refleksi Gender Dalam Arsip”. Salah satu manfaat dari kegiatan ini adalah mempublikasi sekaligus mengedukasi masyarakat dengan menampilkan tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang telah berjasa dalam perjuangan Indonesia.  Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan ANRI dan khalayak sasaran, serta mendalami materi melalui berbagai buku, karya tulis, dan internet. Perancangan visual dilakukan berdasarkan data dan teori yang telah diperoleh, serta menyesuaikan  media promosi dengan selera khalayak sasaran.

Kata kunci: Arsip, Gender, Pahlawan Nasional, Pahlawan Perempuan, Promosi

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini (2014) Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Jakarta: Nuansa Cendekia

Rustan, S (2014) Layout – Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Venus, A. (2012) Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Oakley, A. (2015) Sex, Gender and Society. Oxfordshire: Routledge.

Poesponogorho Djoened, M (2008) Sejarah Nasional Indonesia. Jilid V: Zaman Kebangkitan Nasional dan Masa Akhir Hindia Belanda. Jakarta: Balai Pustaka.