Simulasi Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten

Main Article Content

Frandy Feliciano
Tri Hadi Wahyudi
Ruby Chrissandy

Abstract

Kurangnya akses informasi pada internet dan kurang efektifnya upaya pemerintah setempat perihal informasi cagar budaya, gaya hidup masyarakat yang kian berubah dalam memenuhi kebutuhan informasi, dan belum tersedianya aplikasi khusus cagar budaya untuk Provinsi Banten merupakan kendala yang dialami oleh masyarakat Provinsi Banten dalam mengenal dan mempelajari cagar budaya yang terdapat di wilayah tempat tinggalnya. Sementara itu, mereka cukup memiliki ketertarikan sejarah, keinginan serta kemauan untuk mengenal dan mempelajari cagar budaya. Hal ini melatarbelakangi penulis guna merancang user interface aplikasi mobile pengenalan cagar budaya Provinsi Banten. Perancangan ini bertujuan menyediakan informasi mengenai seluruh cagar budaya di Provinsi Banten guna memudahkan masyarakat mencari dan/atau membaca informasi cagar budaya yang terdapat di wilayah tempat tinggalnya dengan menerapkan prinsip desain user interface. Metode perancangan dimulai dari tahap identifikasi masalah, menentukan tujuan perancangan, pengumpulan data (wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka), menganalisis data, wireframe/-ing, desain, dan prototype-ing. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa dengan kehadiran aplikasi mobile pengenalan cagar budaya Provinsi Banten dapat bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Banten. Mereka juga berpendapat bahwa user interface daripada aplikasi mobile sangat penting dan berpengaruh saat mereka menggunakan sebuah aplikasi mobile. Demikian perancangan ini merupakan solusi tepat untuk permasalahan yang ada sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup mereka.

Kata kunci: aplikasi mobile; cagar budaya; Provinsi Banten; user interface;

Article Details

Section
Articles

References

BPCB Banten. (2016). Pemanfaatan Cagar Budaya untuk Kepentingan Pendidikan dan Kebudayaan.

Galitz, W. O. (2007). The Essential Guide to User Interface Design: An Introduction to GUI Design Principles and Techniques (3rd ed.). Indianapolis, IN: Wiley Publishing, Inc.

Kompas.com. (2008). Menggali Makna dan Inspirasi dari Benda-benda Peninggalan Sejarah. https://entertainment.kompas.com/read/2008/08/04/2234504/menggali.makna.dan.inspirasi.dari.benda-benda.peninggalan.sejarah?page=all

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Cagar Budaya. 24 November 2010. Lembaga Nasional Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 130. Jakarta.

UXPin. (2015). The Guide to Interactive Wireframing [e-book]. https://www.uxpin.com/

Wasil, A. R. (2020). Petunjuk Memulai UX dari NOL [e-book].

https://www.notion.so/