Perancangan Evironmental Graphic Design di Kawasan Skatepark RTH Kalijodo Jakarta

Main Article Content

Sulthan Isa Ahmad
Tri Hadi Wahyudi
Ruby Chrissandy

Abstract

RTH Kalijodo DKI Jakarta merupakan salah satu wujud apresiasi pemerintah DKI Jakarta atas torehan prestasi dari para skater.Tempat ini digadang sebagai skatepark terbesar di DKI Jakarta. Namun,seiring berjalannya waktu skatepark ini jauh dari kata terpelihara.Melihat dari sorotan public akan skateboard yang kian populer dan melihat fungsi tempat sebagai ruang public , makan dibutuhkannya penerapan Environmental Graphic Design (EGD) demi meningkatkan nilai estetika, komunikasi identitas,Informasi wayfinding yang baik dan desain sesuai dengan lingkungan. Metode perancangan EGD ini meliputi pengumpulan dan analisis data , riset kreatif , proces skesta , pengembangan skesta hingga final , lalu Membuat 3D mockup sehingga hasil perancangan dapat dipresentasikan dengan baik . Fungsi EGD yang diterapkan pada tempat memiliki pusat pada indetifikasi dan Informasi desain yang disajikan dengan bentuk infografis dan mural dengan penekanan gaya akan kultur skateboard seperti music , street, dan graffiti.

Kata kunci:  Eviromental Graphic Design ; RTH kalijodo ; Skateboard                     

Article Details

Section
Articles

References

Calori, C. and Vanden-Eynden, D., 2015. Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental G. John Wiley & Sons.

Giannasca, C., 2014. Creating Impactful Spatial Experiences. Urbanite.

Hananto, B., Timothy, E., Krisananda, R. and Stefanus, T., 2019. KAJIAN DESAIN ENVIRONMENTAL GRAPHIC DESIGN UMEDA HOSPITAL, 1(2), pp.177-190.

Doi:doi.org/10.33005/gestalt.v1i2.37

Han Awal & Partners Architect, 2016. Ruang Terbuka Hijau & RPTRA Kalijodo - Architectural Drawing.

HI-DESIGN, 2015. Best Wayfinding Design (Vol .2 Commercial - Education).

HI-DESIGN,2015.INTERNATIONAL PUBLISHING (HK) CO., LTD.

Landa, R., 2011. Graphic design solutions. 4th ed. Clark Baxter.

Lax, K., 2017. Environmental Graphic Design: Connecting Brand and Culture in the Physical Space.Imaginasium. https://www.imaginasium.com/blog/environmental-graphic-design

Locker, P., 2011.Basics Interior Design