Board Game Edukasi Pengenalan Fauna Endemik Kalimantan untuk Anak

Main Article Content

Florenza Florenza
Andreas Andreas
Irwan Harnoko

Abstract

Fauna Endemik Kalimantan adalah spesies satwa yang hanya dapat ditemukan di wilayah Indonesia tidak dapat ditemukan wilayah lain, dan terkenal sebagai hewan yang unik dengan jumlah pupulasi yang tidak banyak. Taman Safari Indonesia (TSI) Prigen adalah salah satu organisasi yang menjaga dan memilihara Fauna Endemik Indonesia dari terancamnya kepunahan Fauna maupun Fauna yang sudah punah. Banyak penyebab tidak semua anak dapat secara langsung berkunjung ke TSI Prigen untuk bertemu hewan secara langsung. TSI Prigen memerlukan media board game, sebagai media alternatif yang membantu mengenalkan hewan-hewan Fauna Endemik Indonesia kepada anak-anak.Proses mendesain dalam perancangan menggunakan 5 tahap perancangan Robin Landa, yaitu Orientation, Analysis, Conception, Design, dan Implementation. Data didapatkan dan dikumpulkan dengan melakukan Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka. Konsep yang digunakan dalam perancangan board game Borneo’s Rare Anaimals ini adalah Keceriaan, kehangatan, dan kebersamaan berdasarkan karakter pemain. Board game ini menggambarkan lingkungan hidup serta beberapa hewan endemik Kalimantan dengan suasanya sebuah hutan luas penuh pepohonan dan rerumputan. Style Illustrasi kartun dengan warna-warna hangat, dengan font sans serif agar terkesan sederhana dan mudah dipahami.

 

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini S, Lia dan Nathalia, Kirana. (2014). Desain Komunikasi Visual (Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula). Bandung: Nuansa Cendekia

Amin Dani. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Dengan Metode Menggambar. Yayasan Pemacu Pendidikan Anak Bangsa, Vol 1 (1)

Darmadi, H. (2018). Asyiknya Belajar sambal bermain. Bogor: Guepedia.

Elianta,P., Prestiliano,J., dan S, T. (2018). Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Keselamatan Berkendara Untuk anak Remaja Dengan Mekanik Dice Rolling. International of Natural Science and Engineering, Vol 2(3), 80-91

Landa Robin. (2014). Graphic Design Solutions, 5 th Edition. NY: Delmar Thomson Learning

Soedarso, N. (2019). Perancangan Buku Illustrasi Perjalanan Majapahit Gadjah Mada. Vol 5(2), 561-570

Streit, Aprilia Kartini. 2016. Perancangan Boardgame Edukasi Pendidikan Moral Dengan Menggunakan Tokoh Cerita Rakyat Nusantara Untuk Usia 13–15 Tahun. Jurnal Ruparupa, 5(1).

Witabora, Joneta. (2012). Peran dan Perkembangan Illustrasi. HUMANIORA, Vol (2), 659-667

Yudha,S.D. (Desember 2012). Flora dan Fauna Kalimantan. Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada.

http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/digital/00000000000000093180/2018_TA_DSK_09112204_Bab-2.pdf

https://www.jurnal.arraniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197/178

https://jagad.id/pengertian-ilustrasi-fungsi-tujuan-jenis-dan-contoh/

http://digilib.isi.ac.id/2084/6/Jurna%20Donny%20pdf.pdf