Perancangan Ulang Kemasan Makanan untuk Sebuah Restoran Cepat Saji
Main Article Content
Abstract
Snag & Shakes adalah salah satu kedai makanan yang menjual makanan cepat saji yang banyak diminati kalangan anak muda hingga dewasa. Produk yang dijual adalah Hotdog, French Fries, dan Milkshakes. Hotdog adalah salah satu makanan cepat saji yang berasal dari negeri Paman Sam, Amerika. Makanan yang satu ini berbentuk roti panjang yang melipat dengan isian sosis panggang ditengahnya. Di daerah asalnya, hotdog dapat ditemui di mana saja, mulai dari pedagang di pinggir jalan, kafe, restoran fast food, hingga restoran ternama. Proses mendesain kemasan Snag & Shakes ini melalui lima tahap, yang pertama adalah tahap penggalian informasi, kemudian tahap kreatif dan tahap perbaikan, lalu pada tahap terakhir merupakan tahap pelaksanaan dan tahap pembuatan. Pengumpulan data untuk perancangan ini adalah melalui observasi dan wawancara dengan konsumen sehingga dapat menemukan hal yang menjadi permasalahan dalam mendesain kemasan. Konsep yang digunakan untuk perancangan kemasan Snag & Shakes ini adalah unik dan ceria/penuh warna serta kemasan yang menunjukkan variasi rasa yang berasal dari berbagai negara. font yang digunakan untuk perancangan adalah font mermaid dan poppins yang terlihat mendominasi dan nyaman dilihat.
Article Details
References
Steven,D. 2011. Package Design Workbook. Amerika: Rockport Publishers
Rustan,S. 2019. Warna. Jakarta: Batara Imjai
Rustan,S. 2010. Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rustan,S. 2021. Logo edisi 2021. Jakarta: CV. Nulisbuku Jendela Dunia
Rustan,S. 2017. Huruf Font Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Bo, R. 2009. Packaging Design : creating competitive advantage with product packaging. British food journal.
Rundh, B. (2009), "Packaging design: creating competitive advantage with product packaging", British Food Journal, Vol. 111 No. 9, pp. 988-1002. https://doi.org/10.1108/00070700910992880