Perancangan Ulang Desain Kemasan untuk Produk Bubur Sereal Susu 6+

Main Article Content

Stephanie Hany
Budi Darmo
Ariani Wardhani

Abstract

Sun Bubur Sereal Susu 6+ merupakan salah satu produk dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Salah satu permasalahan yang ada dalam produk ini ialah desain kemasan yang terlihat kurang modern dan monoton. Metode perancangan yang digunakan adalah identifikasi masalah, pencarian data, perancangan konsep kreatif, dan proses produksi. Pengambilan data didapatkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 36 responden dan juga studi pustaka yang berkaitan dengan proses perancangan ini. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah desain kemasan yang terlihat lebih bervariasi, lucu dan warna-warni. Agar kemasan lebih mudah dibuka dan terlihat lebih unik, cara membuka kemasan ini dibuat berbeda dari kemasan sebelumnya. Jenis ilustrasi yang digunakan adalah ilustrasi digital dengan vector bergaya kartun. Ilustrasi karakter sendiri memiliki kepala yang besar, mata yang bulat bulat, dan setiap karakter juga memiliki ekspresi yang ceria. Warna yang cerah digunakan untuk menampilkan unsur menyenangkan dan perbedaan setiap rasa. Jenis tipografi yang dipakai adalah arco, baby party, dan avenir. Perancangan ulang desain kemasan ini dibutuhkan agar dapat menghasilkan desain kemasan yang lebih menarik, unik, bervariasi agar tidak kalah saing dengan produk kompetitor lainnya.

Article Details

Section
Articles

References

Dharmeria, V. (2014). Analisis pengaruh keunikan desain kemasan produk , kondusivitas. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XIII(1), 1–44 (diakses tanggal 22 September 2021).

Lestiarini, Santi, and Yuly Sulistyorini. (2020). Perilaku Ibu Pada Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) Di Kelurahan Pegirian. Jurnal PROMKES 8 (1): 1–11. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.1-11

Mufida, Lailana, Tri Dewanti Widyaningsih, and Jaya Mahar Maligan. (2015). Prinsip Dasar Makanan Pendamping Air Susu Ibu ( MP-ASI ) Untuk Bayi 6 – 24 Bulan. Jurnal Pangan Dan Agroindustri 3 (4): 1646–51 (diakses tanggal 10 Agustus 2021).

Hanindita, Meta. (2019). Mommyclopedia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widaryanti, Rahayu. (2019). Pemberian Makan Bayi & Anak. Yogyakarta: Deepublish.