Perancangan Visual Media Bantu Belajar Bahasa Isyarat Bisindo untuk Anak Difabel

Devina Aprilia Karnadi, Toto Mujio Mukmin, Ariani Wardhani

Abstract


Abstrak ̶ Bahasa merupakan alat komunikasi yang berperan penting bagi kehidupan manusia. Bahasa berperan sebagai jembatan komunikasi antar manusia. Komunikasi yang dilakukan pada kehidupan sehari-hari dalam berbagai bentuk baik verbal maupun non-verbal. Tidak semua orang dapat melakukan komunikasi verbal dengan baik karena suatu hal. Terdapat orang-orang yang hanya dapat melakukan komunikasi non-verbal, termasuk orang berkebutuhan khusus atau orang difabel. Karena keterbatasan yang dimilikinya, anak berkebutuhan khusus memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Bahasa isyarat menjadi bahasa andalan anak untuk komunikasi. Selain itu, mereka juga terhambat dalam menyerap informasi dan pelajaran. Hal ini mengakibatkan penguasaan kosakata yang kurang. Karena itu dibutuhkan media belajar yang dapat membantu anak untuk memahami kosakata. Tetapi belum banyak media belajar bahasa isyarat yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus. Media cetak yang terdapat saat ini seperti buku dan kamus bahasa isyarat yang memiliki visual kurang menarik bagi anak serta penggunaannya yang cenderung lebih ditujukan pada orang dewasa. Berdasarkan permasalahan ini, maka penulis melakukan perancangan Tugas Akhir (TA) dengan judul ”Perancangan Visual Media Bantu Belajar Bahasa Isyarat Bisindo untuk Anak Difabel”. Perancangan media bantu belajar bertujuan mengenalkan kosakata pada anak-anak berkebutuhan khusus atau difabel melalui bahasa isyarat dalam bentuk media visual sehingga lebih mudah dipahami anak.

Kata kunci: Bahasa Isyarat; Difabel; Media Belajar


Keywords


Bahasa Isyarat; Difabel; Media Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24912/rupaka.v2i1.14855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats