Perancangan Kampanye Sosial Gerakan Zero Waste Sebagai Gaya Hidup Orang Muda Usia 18-26 Tahun

Gitasari Gitasari, Mariati Mariati, Herwindo Tando

Abstract


Abstrak - Sampah plastik merupakan sesuatu yang dianggap lumrah namun, menjadi sebuah permasalahan serius di Indonesia, faktanya Indonesia merupakan negara terbesar penghasil sampah plastik kedua di Asia setelah Cina. Sampah plastik ini berasal dari gaya hidup masyarakat yang menggunakan plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari. Ironisnya sampah plastik merusak ekosistem lautan salah satunya yang terjadi adalah ditemukannya sampah plastik pada perut paus di Wakatobi sebanyak 5,9 kg. Bahkan diprediksi, jumlah sampah plastik akan melebihi jumlah tangkapan ikan dari laut Indonesia pada tahun 2050. Oleh karena itu, diperlukan perancangan kampanye sosial gerakan zero waste untuk meminimalisir penggunaan plastik yang dapat dibuang hingga ke landfill. Kampanye perlu dilakukan kepada generasi muda usia 18 – 26 tahun di Jakarta. Untuk mencapai tujuan kampanye harus mampu menyampaikan pesan utama kepada khalayak sasaran dengan baik. Untuk itu maka dibutuhkan strategi kreatif yang tepat dengan menggunakan pendekatan emosional. Pendekatan dilakukan dengan menampilkan kisah dibalik lautan.

Kata kunci: sampah plastik, ekosistem, zero waste


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24912/rupaka.v2i1.13623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats