Perancangan Identitas Visual Dalam Destination Branding Kawasan Pasar Lama Tangerang

Main Article Content

Devina Jane
Toto Mujio Mukmin
Surianto Rustan

Abstract

Abstrak — Didalam kota Tangerang terdapat pasar pecinan yang sudah sedari dulu ada dan memiliki sejarah panjang. Kawasan yang bernama Pasar Lama tersebut merupakan salah satu bukti sejarah dari bercampurnya etnis tionghoa dengan masyarakat lokal. Pasar Lama memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan wisata kuliner yang menarik namun sayangnya, dengan potensi yang ada, Pasar Lama justru masih kurang tertata dengan baik. Maka dari itu diperlukan revitalisasi fisik Pasar Lama. Sebagai upaya awal untuk mendukung hal tersebut adalah dengan merancang sebuah destination branding berupa identitas visual yang baik yang dapat meningkatkan nilai dari kawasan tersebut. Mengunakan kerangka metode identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, perancangan, implementasi dan kesimpulan dalam merancang destination branding. Hasil dari perancangan ini adalah logo baru dari Pasar Lama yang mempunyai konsep fun, festive, modern, diversity dengan menggunakan warna-warna ceria. Perancangan ini dibuat sesuai dengan citra dan konsep yang lekat dengan Pasar Lama yaitu kebersamaan dalam perbedaan. Hasil lainnya adalah perancangan identitas visual dan pengaplikasiannya di media-media pendukung promosi yang dituang ke dalam Graphic Standard Manual (GSM) Book dari Pasar Lama Tangerang.

Article Details

Section
Articles