PENGELOLAAN KEUANGAN DAN KAS YANG EFEKTIF BAGI PARA SISWA/I YAYASAN PRIMA UNGGUL

Main Article Content

MF Djeni Indrajati Widjaja

Abstract

Pengelolaan keuangan adalah semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan upaya memperoleh dana yang dibutuhkan dengan adanya biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntungkan serta upaya untuk mempergunakan dana yang diperoleh tersebut secara efisien dan efektif. Pengelolaan keuangan tidak hanya pada pencatatan akuntansi saja. Agoes, Sukrisno, 2004 menjelaskan mengenai prosedur dalam hal melakukan pemeriksaan terhadap uang kas dan bank yang dimulai dengan memahami system pengendalian internal perusahaan dalam hal pencatatan transaksi semua pengeluaran dan penerimaan kas dan bank, kemudian membuat kertas kerja pemeriksaan yaitu membuat Top Schedule kas dan bank, melakukan perhitungan fisik uang kas (cash count), melakukan konfirnasi kepada bank dalam hal saldo rekening bank, melakukan rekonsiliasi bank.


            Gitman(2012) menjelaskan Keuangan dapat didefinisikan sebagai seni dan ilmu mengelola uang.  Dari definisi tersebut maka dapat dikembangkan bahwa keuangan sebagai seni yang berarti melibatkan keahlian dan pengalaman, sedangkan sebagai ilmu berarti melibatkan prinsip-prinsip, konsep, teori dan model yang ada dalam ilmu keuangan.  Pengelolaan kas dan bank yang baik pada sebuah organisasi/perusahaan diperlukan agar dapat beroperasi dengan lancar. Tanpa manajemen kas yang baik sebuah perusahaan bias mengalami kebangkrutan karena kekurangan kas, walaupun menghasilkan profit. (Sugiono, 2008).


            Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini (PKM)  adalah salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu memberikan manfaat kepada masyarakat dalam hal ini kepada para siswa siswi SMP dan SMA Yayasan Prima Unggul yang ingin menambah wawasannya.

Article Details

Section
Articles