TRANSFORMASI DIGITAL FUNGSI PENJUALAN PADA UMKM KULINER DI KELAPA DUA TANGERANG

Main Article Content

Nurainun Bangun
Camelia Kusuma Dewi Winarto

Abstract

Kelurahan Kelapa dua terletak di Kecamatan Kelapadua, Kabupaten Tangerang, Banten.  Efek negative dari wabah Covid sudah pasti sangat dirasakan oleh masyarakat setempat, yang sebagian besar merupakan pebisnis UMKM. “Pengaruh langsung pandemic panjang yang dirasakan oleh masyarakat disini antara lain terasa pada masalah kesehatan,  ekonomi dan psikologis. Kecemasan ekonomi juga menjadi masalah yang serius, terutama bagi pelaku UMKM akibat menurunnya penjualan dan ketidakstabilan iklim usaha.  “


Sebagai upaya  menyiasati semua kondisi ini, UMKM mau tidak mau harus berupaya  lebih kuat  lagi agar dapat memulihkan  perputaran ekonominya, dan berupaya mencari terobosan agar dapat bertahan hidup. Salah satu strategi yang harus dilakukan oleh UMKM di Kelurahan Kelapa Dua adalah melakukan transformasi digital pada fungsi penjualannya, dengan cara mengimplementasikan penjualan melalui aplikasi media sosial.


Berdasarkan analisis situasi diatas, guna keberlangsungan dan keberlanjutan usaha UMKM, khususnya di kelurahan Kelapa Dua Tangerang, maka  kami tim PKM “berpartisipasi guna mengangkat kembali usaha UMKM yang terpuruk ini melalui  tri dharma perguruan yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan tentang Transformasi Digital Fungsi Penjualan pada UMKM terdampak pandemic Covid-19  di kelurahan Kelapa Dua, Tangerang.  Peserta adalah pelaku usaha kuliner UMKM yang bergerak di bidang penjualan Nasi Bakar, Kue-kue kering dan kue basah, nasi goreng dan lainnya.”

Article Details

Section
Articles