PENGEMBANGAN APLIKASI CHATBOT PEMESANAN RIZQY KATERING

Main Article Content

Zyad Rusdi
Shri Srishty Kobalen
Ferry Fernando
Aldi Resaldi Maulana
Regitta Aprillie Vardha

Abstract

Usaha katering merupakan salah satu bisnis bidang kuliner yang bisa dijalankan. Usaha ini menjadi populer dalam masa pandemi belakangan ini, dan jumlah pengusaha katering terus meningkat sehingga persaingan di dalam bisnis katering ini cukup ketat. Usaha katering ini sangat cocok di jalankan oleh ibu rumah tangga, karena memasak merupakan kegemaran dari ibu rumah tangga dan dapat memberikan peluang keuntungan yang  besar. Perkembangan UMKM dari tahun ke tahun dipengaruhi dengan pemanfaatan teknologi informasi dan sistem informasi. Pemasaran digital merupakan salah satu teknologi yang mendukung perkembangan UMKM dan perdagangan saat ini. UMKM Rizqy Katering berdiri sejak Januari 2017 dan berlokasi di Perumahan Medang Lestari Gading Serpong Kabupaten Tangerang Propinsi Banten. Bergerak dalam bidang usaha pembuatan dan penjualan makanan rumahan. Pemasaran Rizqy Katering saat ini masih melalui cara tradisional, yaitu dari mulut ke mulut. Belum ada upaya pemasaran melalui kegiatan promosi dan penjualan menggunakan media lainnya. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah membantu pengembangan UMKM Rizqy Katering melalui media promosi digital, khususnya menggunakan media sosial dalam hal pemasaran produk.  Metode pelaksanaan dua kegiatan, yaitu metode perancangan aplikasi perangkat lunak dan metode pelatihan. Metode pelaksanaan pelatihan dilakuan secara luring, jika kondisi memungkinkan dan secara daring jika tidak memungkinkan. Target luaran kegiatan PKM ini adalah sebuah aplikasi chatbot pemesanan yang dapat mendukung upaya pemasaran dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan, dokumen user manual dan publikasi artikel ilmiah atau hak kekayaan intelektual (HKI).

Article Details

Section
Articles