MENINGKATKAN KEPUASAN PENGGUNA DENGAN MENGEVALUASI FASILITAS TEMPAT PERISTIRAHATAN TIPE A DI JALAN TOL CIPALI

Main Article Content

Ni Luh Shinta Putu Eka Setyarini
Baowady Daniel
Diandra Naufal Bassith

Abstract

Panjangnya perjalanan dan monotonnya situasi lingkungan pada jalan Tol Cipali dapat membuat pengemudi merasa jenuh. Mengemudikan kendaraan dealam keadaan jenuh dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Hadirnya tempat peristirahatan di KM 102 (arah Cirebon) Tol Cipali dapat membantu pengemudi dan penumpang untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana pengelola dapat melayani pengunjung untuk memenuhi kebutuhan. Standar Pelayanan Minimum (SPM) adalah pedoman yang mengatur standar dari pelayanan tempat peristirahatan. Pedoman yang mengatur standar pelayanan dari suatu tempat peristirahatan haruslah terpenuhi. Standar tersebut berupa ketersediaan fasilitas, kapasitas fasilitas, kelengkapan fasilitas dll. Semakin banyaknya pengemudi yang membutuhkan tempat untuk beristirahat akibat dari padatnya jalan maka pengelola harus mengimbangi kebutuhan tersebut dengan penyediaan fasilitas yang mencukupi. Jumlah dan kelengkapan fasilitas juga harus diperhatikan untuk dapat memenuhi harapan sehingga para pengunjung dapat merasa nyaman dan aman beristirahat di tempat peristirahatan KM 102 (arah Cirebon).

Article Details

Section
Articles