MENINGKATKAN DAYA SAING MELALUI PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN

Main Article Content

Lydiawati Soelaiman
Cynthia Liusca Winata

Abstract

Bagi masyarakat metropolitan seperti kota Jakarta, cafe sudah menjadi tren sendiri. Hal tersebut mendorong para pemilik usaha café perlu memiliki strategi bisnis yang tepat dalam menghadapi pesaingnya. Kepuasan konsumen merupakan merupakan kunci utama yang perlu diperhatikan untuk menciptakan strategi yang tepat. Salah satu hal yang menjadi perhatian utama bagi konsumen ketika mengunjungi café adalah suasana yang nyaman seperti tata ruang, warna, pencahayaan, suhu ruang serta dekorasi yang dapat merangsang respon dan emosi konsumen untuk datang kembali. Demikian pula halnya dengan promosi, adanya promosi yang tepat akan menarik konsumen untuk datang berkunjung. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini akan melakukan survey untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap strategi promosi serta konsep suasana café yang sudah dijalankan oleh pemilik usaha. Berdasarkan hasil dari 116 konsumen, diperoleh bahwa promosi dan suasana café yang dilakukan oleh café ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil dari kegiatan ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi pemilik usaha dalam mempertahankan bisnisnya. Selain itu, hasil analisis data dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengambil keputusan lebih lanjut dalam upaya mencapai keunggulan bersaing.

Article Details

Section
Articles