SKRINING DAN PENYULUHAN SEBAGAI UPAYA PENURUNAN KASUS ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS CIKUPA

Main Article Content

Zita Atzmardina
Thurain Leo
Sheryn Pujiono
Alicia Alicia

Abstract

Kematian Ibu menjadi salah satu masalah utama yang ada di Indonesia. Salah satu penyebab langsung Angka Kematian Ibu (AKI) adalah anemia pada ibu hamil. Menurut WHO, pada tahun 2020 sebanyak 36,5% ibu hamil di dunia menderita anemia. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di tahun 2018 terdapat 48,9 % ibu hamil yang menderita anemia di Indonesia.Puskesmas Cikupa mencatat peningkatan kunjungan kasus anemia pada Ibu hamil pada bulan Oktober, November, dan Desember 2021 berturut-turut sebesar 55 kasus, 59 kasus, dan 74 kasus.


Metode dilakukan dengan Kepala Puskesmas, dokter, perawat, dan bidan Puskesmas Cikupa. Dari hasil diskusi disimpulkan bahwa faktor lifestyle menjadi prioritas penyebab masalah yang harus segera dicari solusi bersama. Setelah dilakukan diskusi, maka dilakukan identifikasi akar penyebab masalah menggunakan fishbone lalu dicari alternatif pemecahannya. Alternatif pemecahan masalah dilakukan dengan melakukan skrining pada ibu hamil serta pembagian leaflet dan memasang banner di Puskesmas Cikupa.


Dari 26 responden, didapatkan rata-rata usia responden sebesar 29,5 tahun dengan tingkat pendidikan paling banyak adalah SMA atau sederajat sebanyak 57,7 % (15 responden). Rata-rata kadar Hemoglobin adalah sebesar, 10,23  g/dL.Dari hasil analisis menggunakan uji T didapatkan nilai mean difference sebesar 19,23 dengan p<0,0001. Kegiatan ini dikatan berhasil karena didapatkan peningkatan bermakna secara statistik.


Terdapat peningkatan nilai pre-test dan post test pada kegiatan ini membuktikan meningkatkan pengetahuan dengan ibu hamil setelah dilakukan intervensi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan sikap dan perilaku ibu hamil ke arah yang cukup baik. Ibu hamil yang mendapatkan informasi juga diharapkan bisa bisa membagikan informasinya kepada orang-orang di sekitarnya yang akhirnya dapat menurunkan penderita anemia pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Cikupa.

Article Details

Section
Articles