PELATIHAN MENGENAI JURNAL PENYESUAIAN DAN JURNAL PEMBALIK BAGI SISWA SMA KATOLIK RICCI I

Main Article Content

Ferry Adang
Jesica Christin

Abstract

Akuntansi merupakan ilmu yang sangat esensial bagi dunia perekonomian. Hal ini dibuktikan dengan ilmu akuntansi memiliki peranan dalam menghasilkan suatu laporan keuangan yang akuntabel. Laporan keuangan yang akuntabel ini akan menarik minat para pemangku kepentingan dalam melakukan suatu keputusan ekonomi, seperti halnya keputusan untuk berinvestasi. Hal ini akan berdampak positif pada perekonomian dan tentunya dapat dibuktikan dengan peningkatan pada indikator Produk Domestik Bruto (PDB) ataupun peningkatan pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Dalam rangka persiapan generasi muda akan ilmu akuntansi, adalah merupakan hal yang esensial bagi tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk melakukan kegiatan ini pada SMA Katolik Ricci I.


Kegiatan ini sangat diperlukan mengingat SMA Katolik Ricci I sedang mempersiapkan generasi SMA yang hendak melanjutkan Pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Materi PKM yang disampaikan adalah berupa materi pelatihan akuntansi dasar dengan topik penyusunan jurnal penyesuaian dan jurnal pembalik. Kegiatan PKM ini diadakan pada bulan Maret 2022 melalui secara virtual melalui media zoom meeting.


Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam bentuk pemaparan materi oleh tim PKM Untar dibantu dengan asisten PKM. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan simulasi soal serta tanya jawab. Kegiatan PKM ini menghasilkan luaran wajib berupa prosiding atau jurnal yang akan diikutsertakan dalam seminar yang diselenggarakan oleh Untar, serta luaran tambahan berupa modul materi pembelajaran ber-ISBN.

Article Details

Section
Articles